Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia 5 Trik Jitu Bikin Rumah Bersih Selalu Tanpa ART

Ini Dia 5 Trik Jitu Bikin Rumah Bersih Selalu Tanpa ART

Urbanloka.com – Anda tentu sudah tak asing dengan keluhan para ibu rumah tangga: sulitnya mencari asisten rumah tangga (ART). Kalaupun ada, gajinya pun cukup tinggi. Jangan terlalu bergantung pada ART. Sebenarnya Anda bisa,  mengatur kondisi rumah sendiri tanpa bantuan mereka. Berikut 5 Kiatnya Urbaners.

Sumber Foto: bloglovin

GUNAKAN WAKTU LUANG

Waktu luang yang dimaksud adalah waktu yang tersedia ketika Anda di rumah, sebelum atau sesudah bekerja. Gunakan waktu ini untuk membereskan beberapa hal dasar. Membersihkan pajangan, menyapu lantai di beberapa ruangan yang sering digunakan, atau membersihkan debu di karpet dengan vacuum cleaner.

GUNAKAN MESIN CUCI

Anda bisa menjalankan mesin cuci sebelum tidur, dan biarkan mesin cuci itu bekerja selama Anda tidur. Lebih bagus lagi jika mesin cuci Anda memiliki fitur pengatur waktu. Sebangunnya Kemudian, Anda bisa langsung menjemur pakaian tersebut di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Sumber Foto: homeyohmy

CUCI PIRING KOTOR SEGERA SETELAH DIGUNAKAN

Membersihkan piring dan peralatan dapur yang lain tentu menjadi salah satu pekerjaan rumah tangga yang tak kalah penting, apalagi dalam keadaan rumah tanpa pembantu. So, cuci selalu peralatan makan segera setelah makan, menghindari piring bertumpuk serta bau tak sedap pada hunian.

BERSIH-BERSIH AKHIR PEKAN

Akhir pekan menjadi waktu terbaik untuk membersihkan rumah. Dengan waktu yang lebih banyak Anda dapat mengepel rumah secara keseluruhan, dan membersihkan berbagai daerah yang sulit dijangkau, seperti koong-kolong sofa, dan dinding dapur yang kotor.

Sumber Foto: domino magazine

JADWALKAN KERJA BAKTI SEKELUARGA

Saat rumah tanpa pembantu, seluruh anggota keluarga memang diharuskan bekerja sama agar rumah tetap rapi dan bersih. Jadwalkanlah kerja bakti seluruh anggota keluarga pada periode waktu tertentu. Misalnya sebulan sekali. Untuk Mengelap setiap kaca jendela, membersihkan kotoran di ventilasi udara, menyapu kotoran-kotoran di langit-langit, dan lain-lain. Kerjabakti selain bisa membuat rumah bersih juga menambah kekompakan keluarga lho Urbaners.

SESEKALI GUNAKAN JASA PEMBERSIH

Jangan terlalu pelit dengan diri sendiri. Bila Anda memang terlalu lelah dan masih memiliki banyak tugas kerja yang belum selesai, sehingga rasanya tak mungkin menjalankan tugas rumah, sewalah jasa orang lain. Misalnya, menyewa jasa ART harian yang akan mencuci dan membersihkan rumah dalam sehari. Atau gunakan jasa laundry kiloan untuk mencuci pakaian rumahan Anda. Anda juga bisa menggunakan jasa bersih rumah yang bisa dipesan secara online lewat sejumlah aplikasi.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.