Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia Alasannya Kita Kerap Merasa Malas Setelah Makan Siang & Cara Mengatasinya Urbaners

Ini Dia Alasannya Kita Kerap Merasa Malas Setelah Makan Siang & Cara Mengatasinya Urbaners

Urbanloka.com – Ada bagian dari otak Anda yang bertanggung jawab atas motivasi, pemrosesan terhadap hal-hal menyenangkan dan semangat. Penelitian di Journal of Neuroscience menunjukan para Karyawan rata-rata merasakan penurunan semangat mereka sekitar pukul 2 sore.  Penelitian ini merupakan yang pertama menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) untuk menemukan alasan neurologisnya.

Sumber Foto: linkedin

“Hal ini merupakan temuan baru dan memiliki implikasi yang signifikan untuk penelitian ilmu saraf, yang biasanya mengabaikan waktu sebagai variabel,”ungkap Greg Murray dari Universitas Teknologi Swinburne di Australia kepada Fatherly.

Studi yang dimulai sejak tahun 1986 menunjukkan bukti bahwa penurunan semangat pasca makan siang sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan makanan yang kita konsumsi.

Jadi, Murray dan rekannya kemudian membandingkan aktivasi sistem otak 16 pria sehat pada pukul 10 pagi, 2 siang, dan 7 sore. Hasil pemindaian fMRI, yang mengukur aliran darah ke daerah tertentu di otak menunjukan aktivitas terendah pada otak ialah pukul 2 siang.

Mengatasi hal ini Murray merekomendasikan untuk makan siang di luar ruangan dan bergerak sebanyak mungkin sepanjang hari, atau konsumsilah kopi yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebuah penelitian di Harvard menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi kopi dapat terhindar dari resiko diabetes. Tak hanya itu, kopi juga mampu memberikan suntikan semangat bagi tubuh.

Setelah makan siang, kemampuan kopi untuk memproses glukosa di dalam tubuh paling efektif terjadi di siang hari terutama setelah makan siang. Itulah sebab mengapa kopi mampu menurunkan diabetes di dalam tubuh.

Zat kopi yang mampu mencerna glukosa ini bernama asam chlorogenic. Asam ini selain mampu mencerna glukosa juga dapat mengatasi peradangan dan meningkatkan hormon insulin. Selain itu kopi juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk mengatur gula darah. Sementara bagi orang tua, temuan ini memperkuat pentingnya menerapkan rutinitas untuk kesehatan emosional dan fisik secara keseluruhan.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa ritme ini sangat mendasar tentang bagaimana otak mengatur motivasi manusia sepanjang hari,”ungkap Murray.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.