Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia Cara Cepat Beli Rumah Setelah Menikah

Ini Dia Cara Cepat Beli Rumah Setelah Menikah

Urbanloka.com –  Kondisi keuangan setiap pasangan berbeda-beda. Ada yang sudah cukup mapan untuk langsung membeli rumah atau mendapat hibah rumah dari orang tua, tetapi ada juga yang pas-pasan sehingga harus berusaha ekstra untuk langsung punya rumah setelah menikah. Menikah saat kondisi keuangan masih pas-pasan tidak ada salahnya. Toh, rejeki bisa dicari bersama. Bagi Anda yang ingin segera memiliki rumah setelah menikah namun kondisi keuangan masih belum pas-pasan, simak tips berikut Urbaners!

RESEPSI HEMAT

Tak salah mengadakan pesta resepsi untuk merayakan pernikahan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kuota dari pernikahan tersebut. Pertimbangan bujet dan banyaknya undangan. Sebaiknya, batasi undangan untuk keluarga dan sahabat-sahabat terdekat saja. Dengan begitu Anda tak perlu terlalu banyak menggelontorkan dana besar untuk menggelar pesta pernikahan. Sisa dana justru dapat digunakan untuk uang muka pembelian rumah.

INVESTASI

Untuk mempercepat terkumpulnya tabungan, jangan hanya endapkan uang pada tabungan saja. Anda dan pasangan bisa mencoba berinvestasi. Beberapa investasi yang aman dan mudah untuk pemula yaitu reksadana dan emas. Investasi reksadana cenderung lebih minim risiko namun punya bunga yang lebih tinggi, sedangkan emas nilainya cenderung terus meningkat. Ikut investasi dapat mempercepat pertumbuhan tabungan.

REKENING KHUSUS

Buatlah rekening khusus untuk modal pembelian rumah bersama pasangan. Anda berdua harus berkomitmen menyisihkan gaji setiap bulan ke rekening bersama ini. Apapun godaannya, jangan gunakan uang dalam rekening tersebut untuk hal lain. Tetapkan anggaran pembelian rumah dan total DP Kredit Pemilikan Rumah yang dibutuhkan.

KREDIT

Untuk menambah modal pembayaran DP rumah, Anda dan pasangan bisa mempertimbangkan pinjaman kredit di bank. Peminjaman ini bisa mempercepat terkumpulnya DP rumah. Satu hal yang harus diperhatikan, Anda harus menyesuaikan besaran pinjaman dengan kemampuan mencicil Anda. Jangan sampai, pengeluaran Anda tersedot semuanya untuk membayar cicilan hutang dan tak ada sisa untuk menyicil rumah.

 

UANG PEMBERIAN UNDANGAN UNTUK DP

Setelah menikah, biasanya pasangan pengantin baru mendapat dari para undangan. Daripada uang tersebut habis tak tersisa untuk hal yang tidak jelas, sebaiknya gunakan untuk menambah modal down payment pembelian rumah. Ini aakan membantu Anda mempercepat pemilikan rumah idaman.

ATUR PENGELUARAN

Setelah menikah, Anda dan pasangan harus terbuka soal keuangan masing-masing. Ini berguna untuk pembuatan anggaran rumah tangga. Anggaran rumah tangga harus dibuat bersama agar masing-masing dapat mengetahui arus keluar-masuk uang. Batasi pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Pastikan anggaran yang dibuat ini dipatuhi oleh pasangna sehingga tujuan utama dapat tercapai.

 

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.