Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia Tips & Triknya Aman Berkendara Saat Musim Hujan Tiba

Ini Dia Tips & Triknya Aman Berkendara Saat Musim Hujan Tiba

Urbanloka.com – Musim hujan telah tiba, tak hanya tubuh yang harus selalu fit agar tetap nyaman dalam beraktivitas sehari-hari, tapi juga tetap aman berkendara dengan tips dan trik berikut ini Urbaners.

STANDAR CHECK UP KENDARAAN

Lakukan standar check up termasuk wipers, tekanan ban, oli, mesin, baterai dan lampu. Pengisian bahan bakar dalam kondisi penuh sangat diperlukan sebelum bepergian jauh.

RENCANAKAN RUTE

Apalagi jika Anda menuju ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, pelajari rute agar fokus Anda tak terpecah-pecah, sebab dengan cuaca dan jarak pandang yang terbatas sebaiknya Anda mengemudi dengan ekstra hati-hati.

GUNAKAN GIGI RENDAH

Menggunakan gigi rendah memudahkan mesin melakukan pengereman sebelum mencapai tikungan curam juga membantu Anda mengontrol kecepatan kendaraan, serta membuat rem bertahan lebih lama saat menghadapi jalan menanjak atau turunan yang curam.

PASTIKAN KENDARAAN DALAM KONDISI BAIK

Pastikan bagian mesin dalam kondisi baik. Dalam kondisi jalan yang berbukit, mobil dengan torsi besar akan lebih andal dalam menaklukan medan.

BERSABAR

Musim hujan sering berujung pada kemacetan lalulintas. Latihlah kesabaran Anda. Hindari berpekulasi untuk menyusul kendaraan lain ketika secara visual Anda tidak bisa melihat jalanan di depan Anda, seperti saat tikungan, jembatan, bukit, dan lereng gunung.

MANFAATKAN TEKNOLOGI YAG MENDUKUNG

Manfaatkan teknologi yang mendukung seperti Lane Departure Warning, Forward Coallision Alert, Panic Brake Assist, Electronic Stability Control, dan Anti-Rolling Protection.

HINDARI MENGEMUDI DI GENANGAN AIR

Hindari mengemudi di genangan yang lebih tinggi dari roda kendaraan Anda atau trotoar. Kenali tipe kendaraan Anda sebelum melalui jalan yang tergenang.

BERSIHKAN KENDARAAN

Setelah mengemudi melalui jalanan yang tergenang, bersihkan kendaraan terutama di bagian bawah dan roda kendaraan. Hilangkan rumput, daun, serta noda-noda kotoran yang tersisa dan dapat menimbulkan percikan api jika dibiarkan di dalam mesin. Lalu, ganti oli transmisi karena air mungkin akan masuk ke dalam sistem. Bersihkan karpet mobil untuk mencegah jamur dan bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lanjut

Demikian tips, semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.