Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia yang Wajib Ada Pada Hunian Saat Usia Anda Telah Lansia Nanti

Ini Dia yang Wajib Ada Pada Hunian Saat Usia Anda Telah Lansia Nanti

Urbanloka.com – Semakin bertambah usia kita, semakin menurun nantinya kondisi fisik kita Urbaners. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib ada pada hunian ketika Anda telah lanjut usia nanti. Apa sajakah itu? Check it out!

LEMARI PAKAIAN DENGAN PINTU GESER

Saat lansia, daya genggam tangan tidak sekuat saat muda. Agar memudahkan, tidak ada salahnya untuk menggunakan lemari pakaian dengan pintu geser. Biasanya lemari ini terlihat seperti berada di dalam dinding. Selain dapat memudahkan lansia, jenis lemari ini cukup menghemat ruangan.

DUDUKAN PADA AREA KAMAR MANDI

Letakan kursi pada area kamar mandi, pasang juga hand rail atau pegangan tangan di area kamar mandi urbaners.

PENCAHAYAAN YANG BAIK

Membaca buku, atau merajut adalah aktivitas yang menyenangkan dilakukan saat lanjut usia nanti. Karena faktor usia, kemampuan pengelihatan pun juga akan semakin melemah. Agar nyaman, buatlah pencahayaan pada ruangan sealami mungkin. Sekalipun menggunkan lampu bohlam, gunakan warna lampu putih agar tidak silau.

KAMAR MANDI YANG LUAS

Khusus bagi lansia yang menggunakan kursi roda, biasanya memerlukan ukuran kamar mandi yang lebih luas. Jika rumah Anda memiliki ruang lebih, bisa juga untuk mendesain kamar mandi yang bisa leluasa untuk dilalui menggunakan kursi roda.

SAKLAR YANG LEBAR

Tidak ada yang menyangka bahwa saklar dapat memudahkan seorang lansia untuk beraktivitas. Ukuran saklar yang kecil menyulitkan lansia untuk melihat. Ukuran saklar yang lebar memudahkan kaum lansia menekan tombol tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra.

RUANG KOSONG DI AREA CUCI PIRING

Dapur adalah salah satu spot rumah yang kerap dikunjungi kaum lansia. Kendati menggunakan kursi roda, para lansia masih berkeinginan melakukan semua aktivitas sendiri. Menjangkau tempat cuci piring (sink washtafel) bagi lansia adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, desainlah tempat cuci piring atau cuci tangan, tidak terlalu tinggi dan juga berikan ruang kosong di bawahnya. Hal ini bertujuan agar para lansia lebih mudah dalam mencuci piring dan meraih keran.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment