Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli MAC

Ini Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli MAC

Urbanloka.com – Ingin membeli laptop MAC second sebab harganya lebih murah Urbaners? Ini hal-hal yang harus Anda perhatikan, agar tidak tertipu membeli barang yang rusak. Apa sajakah itu? Check these out!

COD

Jika kita membeli barang bekas, sebisa mungkin bertransaksi dengan metode COD alias bertemu langsung. Jadi Anda dapat berinteraksi langsung dengan si penjual, sekaligus melihat langsung MAC-nya Urbaners.

CEK VERSI

Pastikan Anda benar-benar mengenal versi Macbook yang akan Anda beli. Jangan hanya mendengar nama “Mac” dan melihat logo Apple saja, lalu menganggap semua Mac itu sama. Jadi, setidaknya ada beberapa versi Macbook di Indonesia:

  • MACBOOK NEW MODEL 12, Ini adalah model Macbook paling baru, jadi mungkin akan dikenal dengan sebutan “New Macbook 12 Inch”. Macbook ini sangat tipis dan ringan, sangat cocok bagi yang ingin Macbook yang ringan dan mudah dibawa. Kelebihannya adalah Layar Retina dan RAM 8GB. Untuk prosesornya tidak menggunakan Intel Core i tetapi Intel Core M, jadi ya secara kekuatan bisa dibilang bagus meskipun tidak sekuat Macbook berprosesor Intel Core i.
  • MACBOOC AIR, versi Macbook yang paling seimbang. Tipis dan ringan namun tetap powerful, plus dukungan port yang lebih banyak dari New Macbook 12”. Kelebihan utama dari Macbook Air adalah ukurannya yang tipis dan ringan, prosesor Intel Core i5, dan ketahanan baterai yang bisa 12 jam lebih.
  • MACBOOK PRO (Non Retina), Ini dia yang kadang bikin bingung calon pembeli Macbook Pro. Macbook Pro (Non Retina) adalah versi lawas Macbook Pro yang didesain untuk para profesional. Kelebihannya adalah port-port nya yang paling lengkap. Mulai dari Display VGA, Ethernet, hingga DVD Drive. Kekurangannya adalah ukurannya yang super tebal dan berat, belum menggunakan SSD/Flash storage, Layar yang masih beresolusi rendah, hingga teknologinya yang sudah usang karena kiprahnya sudah diganti dengan Macbook Pro Retina Dsiplay.
  • MACBOOK PRO RETINA DISPLAY, Ini adalah versi Macbook paling powerful saat ini. Macbook Pro Retina Dsiplay adalah versi terbaru dari seri Macbook Pro. Kelebihannya adalah layar yang sudah Retina Display, Ukurannya yang lebih tipis dan lebih ringan, hingga teknologi jeroannya yang selalu terbaru. Daya tahan baterainya juga tergolong bagus, bisa 10 jam. Intinya, ini adalah versi Macbook Pro paling hebat saat ini. Hadir dengan layar 13” dan 15” serta penyimpanan 128GB hingga 512GB.

CEK KEASLIAN & AKSESORI

Langkah berikutnya adalah mengecek keaslian barangnya. Saat mencoba Macbook bekas, pastikan semuanya lengkap. Macbook, Dus, Charger, dan lain-lainnya. Untuk mengecek keaslian Macbook, bisa klik logo Apple di kiri atas lalu klik “About this Mac”. Akan muncul serial numbernya. Salin dan tempelkan serial number tersebut ke situs Self Solved Apple. Jika dikenali, maka Mac akan menunjukkan beberapa informasi mulai dari pembelian valid hingga masa garansi. Pastikan juga semua aksesoris bisa berfungsi dengan benar. Terutama charger. Nggak lucu kan kalau beli Mac tapi tidak bisa diisi baterainya? Lagi pula, harga charger asli untuk Mac cukup mahal.

PERTIMBANGKAN HARGA & GARANSI

Setelah semua yakin akan membelinya, pertimbangkan harga dan garansi. Untuk harga, bisa dilihat di internet harga pasaran yang ada karena harga pasar sekarang sering berubah-ubah. Lalu sebagai jaminan, pastikan si penjual juga mau memberikan garansi beberapa hari sesuai kesepakatan. Jadi, jika ada masalah maka barang bisa dikembalikan sesuai kesepakatan.

Demikianlah tips-tips Urbaners, semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.