Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Ini Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Urbanloka.com – Beras merah dihasilkan dari proses pengelupasan kulit bagian luar. Penggilingan tahap lanjut tidak dilakukan sehingga meninggalkan lapisan bran bewarna kemerahan. Lapisan tersebut kaya pigmen antosianin, fitokimia, protein dan vitamin yang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Berikut manfaat beras merah yang perlu Anda ketahui.

ORGANIK & NON ORGANIK

Beras merah terdiri dari dua, yaitu yang organik dan non organik. Beras merah organik memiliki aroma harum dan tahan lama. Rasanya juga lebih enak dibandingkan beras merah non organik. Meskipun begitu kedua jenis beras merah tersebut memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi. Kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, jantung, darah tinggi, dan asam urat.

BERMANFAAT UNTUK DIET

Beras merah sangat kaya akan nutrisi. Mengandung sedikit kalori dan kaya serat. Dalam satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 1.8 gram lemak, 3.5 gram serat dan 45.8 gram karbohidrat. Bandingkan dengan beras putih yang dalam satu gelas mengandung 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 0.6 gram serat dan 53.2 gram karbohidrat.

SANGAT BAIK BAGI PENDERITA DIABETES

Beras merah mengandung Indeks glikemik (IG) lebih rendah dibandingkan beras putih.Kadar IG dalam beras merah hanya 68% sementara beras putih mencapai 73%. Makanan yang baik untuk penderita diabetes tidak boleh memiliki IG di atas 70%. Oleh karena itu, beras merah sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

BAIK UNTUK BAYI

Beras merah adalah makanan bergizi yang baik untuk kesehatan bayi. Beras merah mengandung protein, lemak, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, zink, vitamin B1, B12 dan B6. Nutrisi tersebut membantu pertumbuhan dan perkembangan si bayi. Beras merah bisa memenuhi kebutuhan serat harian pada bayi. Memberikan asupan beras merah pada bayi secara rutin membantu melancarkan pencernaan bayi.

Demikian info, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.