Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Powerbank untuk Mobil Listrik Rancangan Volkswagen

Ini Powerbank untuk Mobil Listrik Rancangan Volkswagen

Urbanloka.com – Selain menghadirkan kendaraan listrik, Volkswagen (VW) Group yang berpusat di Wolfsburg, Jerman ini bahkan sudah mempersiapkan teknologi pendukung terbaru berupa stasiun pengisian daya portabel Urbaners. Simak lengkapnya berikut ini!

Dengan konsep powerbank untuk mobil listrik yang masuk dalam model VW I.D, akan mulai diproduksi massal mulai tahun 2019 ini.

Portable daya ini dapat digunakan di mana saja sesuai kebutuhan –dengan ataupun tanpa terhubung dengan sumber listrik langsung. Fleksibilitas ini memungkinkan pendekatan yang benar-benar baru dalam memperluas infrastruktur pengisian daya.

Selain itu pemanfaatan stasiun pengisian daya portabel ini juga bisa dalam jumlah besar dalam satu lokasi sementara, misalnya untuk konferensi ataupun acara besar lainnya.

Lebih lanjut nantinya tiap stasiun pengisian daya sementara ini akan terintegrasi dengan aplikasi dan informasi di internet. Secara spesifikasi powerbank mobil listrik ini punya kapasitas penyimpanan 360 kWh yang artinya mampu untuk mengisi daya sekitar 15 kendaraan listrik.

Tiap stasiun pengisian daya terdapat pengisian daya instan (quick charging) dengan daya mencapai 100 kW. Teknologi ini memungkinakan pengisian daya hanya sekitar 17 menit untuk tiap kendaraan. Stasiun pengisian daya ini bisa digunakan untuk mengisi daya empat kendaraan secara bersamaan.

Karena sifatnya portabel, saat dayanya habis stasiun ini bisa diganti dengan yang baru. Alternatif lainnya stasiun ini juga bisa dihubungkan dengan sumber listrik dengan daya 30 kW untuk mengisi ulang kembali dayanya. Nantinya stasiun pengisian daya ini diharapkan juga dapat mendapat suplai energi dari energi matahari ataupun angin.

Pilot Project dari stasiun pengisian daya ini akan mulai dihadirkan pada semester I tahun 2019 di Wolfsburg, Jerman, dan akan diimplementasikan di area urban. Tahun 2020 rencananya stasiun pengisian daya portabel ini akan diaplikasikan ke kota-kota dan daerah lainnya.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.