Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Tipsnya Perencanaan Keuangan untuk Para Keluarga Baru Urbaners!

Ini Tipsnya Perencanaan Keuangan untuk Para Keluarga Baru Urbaners!

Urbanloka.com – Dalam membuat skenario masa depan, ada banyak hal yang harus direncanakan. Mulai dari rencana membeli kendaraan, memiliki rumah, hingga tabungan pendidikan anak. Tentu, hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih ketika kita menyusun rencana untuk hidup bersama pasangan.

TERBUKA

Seharmonis dan serasi apapun sebuah pasangan, pasti akan ada banyak perbedaan. Termasuk konsep dan pola dalam mengelola keuangan. Nah, perbedaan tersebut tidak akan jadi masalah besar apabila sejak awal sudah ada pembicaraan dan kesepakatan satu sama lain. Itulah pentingnya komunikasi dan keterbukaan ketika membuat perencanaan keuangan bersama. Misalnya, Anda ingin mengutamakan cicilan rumah kemudian baru mengurus cicilan kendaraan, sedangkan pasangan Anda lebih memilih untuk mengambil cicilan kendaraan terlebih dahulu. Pada titik inilah Anda dan pasangan harus mengambil keputusan bersama, rencana mana yang paling cocok dengan kondisi keuangan bersama saat ini.

BUAT TABUNGAN BERSAMA

Tips perencanaan keuangan lainnya adalah buat satu arus pengeluaran dengan cara membuka tabungan bersama. Michael Fitzgerald, seorang Public Accountant bersertifikat di Houston, Texas, menyarankan bagi pasangan yang baru menikah untuk membuka tabungan bersama sehingga pemasukan dan pengeluaran dapat terkontrol dengan mudah.

CATAT SEMUA PENGELUARAN TIAP BULANNYA

Mencatat pengeluaran per bulan sangat membantu untuk menghitung dan melihat apa saja pengeluaran yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan bisa dipotong di bulan depannya. Intinya, catatan ini berguna agar keuangan lebih terpantau.

TENTUKAN PERAN GAJI SIAPA UNTUK APA

Demi perencanaan keuangan yang berjalan lancar, sebaiknya ada kesepakatan bersama mengenai gaji siapa yang digunakan untuk pengeluaran apa. Sebagai perumpamaan, jika gaji Anda lebih besar, maka bisa digunakan untuk membayar cicilan rumah, kendaraan, dan tagihan listrik. Sementara itu, gaji pasangan bisa dimanfaatkan untuk biaya keperluan ringan seperti membeli keperluan rumah, biaya makan, dan lainnya.

TETAP BERINVESTASI

Pada dasarnya, melakukan perencanaan keuangan tidak hanya sekedar mengelola keluar masuknya uang, namun juga harus ada rencana finansial jangka panjang. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan berinvestasi bersama pasangan. Saat ini, ada banyak jenis investasi yang bisa jadi pilihan. Namun memang, investasi ini perlu disesuaikan dengan kondisi finansial. Bagi Anda yang ingin investasi jangka panjang dengan risiko yang lebih terukur, maka sebaiknya Anda memilih reksa dana sebagai langkah awal.

Demikian tips yang dapat Anda terapkan untuk keluarga kecil baru Anda. Selamat mencoba Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.