Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inovasi Sepeda Tanpa Rantai, Chainless Bike

Inovasi Sepeda Tanpa Rantai, Chainless Bike

Urbanloka.com – Adanya rantai pada sepeda tak ayal membuat kita repot, karena harus selalu dibersihkan dan diberi pelumas yang akan mengotori tangan ketika tersentuh. Namun seorang inovator bernama Sean Chan dari Venice, Florida, Amerika Serikat, memiliki gagasan lain. Ia kemudian menciptakan sebuah alternatif pintar, sepeda yang mampu berjalan sekalipun tidak menggunakan rantai.

Sepeda tanpa rantai itu ia namai Chainless Bike atau “sepeda tak berantai”. Berbeda dengan Hank Direct Bike besutan Bygen, sepeda ciptaan Sean Chan menempatkan pengendara sepeda bukan di posisi tengah, namun di atas roda belakang.

Penggeraknya juga berada di roda belakang dan mencakup sistem gigi internal yang membuatnya tidak melelahkan saat dikayuh. Pengendara Chainless Bike juga dapat sejenak berhenti mengayuh sesaat, dan meluncur begitu saja.

Rapid Turning System merupakan Salah satu kemudahan teknologi yang terdapat pada sepeda ini. Ketika diaktifkan, roda belakangnya mampu melakukan pivot secara relatif terhadap rangka, sebagaimana pivot roda depan di sepeda konvensional. Dengan kemudahan itu, memungkinkan sepeda mudah digunakan pada belokan tajam dan beberapa hal lainnya.

Sepeda ini tengah menunggu pendanaan melalui kampanye Kickstarter, dan akan dibuat dalam dua versi, yaitu versi biasa dan versi lipat. Harga bagi para pendukung permodalan sekitar US$799, sedangkan harga eceran nantinya akan dibandrol sekitar US$ 1000. Tertarik memilikinya Urbaners? Simak video reviewnya dibawah ini Urbaners.

Sumber: Chainless Bicycle, Kickstarter

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.