Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inpisrasi Rumah Mungil Bambu Tahan Banjir Rancangan H & P

Inpisrasi Rumah Mungil Bambu Tahan Banjir Rancangan H & P

Urbanloka.com – Dengan seringnya bencana alam banjir yang terjadi di Vietnam, firma arsitektur lokal, H & P, merancang sebuah rumah tahan banjir yang dinamai dengan “Rumah Bambu Mekar”. 

Bangunan ini terbukti cukup kuat untuk menahan banjir setinggi 1,5 meter. Saat ini, para arsitek di H & P sendiri juga tengah bereksperimen agar model hunian ini dapat bertahan dari banjir setinggi 3 meter.

Dengan menggunakan struktur bambu dari potongannya yang sengaja dibuat sekecil mungkin, papan fiber, juga daun kelapa yang sesuai dengan iklim setempat dan bahan-bahan lokal lainnya. Konsep ini tentu sangat menawarkan cara beradaptasi pada muatan arsitektur lokal

Tak hanya menarik dari segi ekterior, bagian dalam interior bangunannya melengkapi konsep rumah multifungsional yang dapat berfungsi sebagai sebagai rumah tinggal, sekolah atau tempat pendidikan, pelayanan kesehatan, serta pusat-pusat komunitas sosial. Artinya, banyak opsi bisa dipilih untuk memanfaatkan model rumah di kawasan bencana banjir seperti Vietnam ini.

H & P menilai, bangunan yang fleksibel ini dapat diproduksi secara massal dan dapat dibangun oleh para penggunanya sendiri hanya dalam waktu 25 hari.  Desainnya menawarkan solusi yang terjangkau untuk perumahan di sebuah kawasan sebagai tempat penampungan yang hangat bagi orang-orang dalam kondisi paling parah terkena bencana. Pembangunanya pun bisa dipermudah dengan melibatkan masyarakat lokal.

Sumber:dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.