Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspirasi Arsitektur Hunian-hunian Minimalis ala Sontang Siregar! (1)

Inspirasi Arsitektur Hunian-hunian Minimalis ala Sontang Siregar! (1)

Urbanloka.com – Hunian minimais dicirikan dengan karakternya yang simple, bersih, dan kemudahan perawatan menjadi daya tarik hunian jenis ini. Apalagi dengan Sempitnya lahan dan gaya hidup kaum urban memicu munculnya berbagai ide kreatif desain arsitektur rumah minimalis. Sontang M. Siregar, seorang arsitek yang super kreatif telah membuktikan kecerdikannya lewat berbagai arsitektur rumah super minimalis. Berikut beberapa karyanya yang mungkin dapat menjadi inpirasi Anda, Urbaners.

R HOUSE, TAMAN LAGUNA CIBUBUR

Dirancang pada tahun 2016, berikut ini adaah RR Houe dengan sofa keluarga yang disatukan rancangannya dengan meja makan. Pada R House Taman Laguna, rumah dengan luas 144 m2, namun peraturan GSB, KDB, dan keinginan untuk memiliki rumah minimalis dengan halaman belakang yang cukup luas, membuat total area yang ingin dibangun hanya 100 m2.

Salah satu ide kreatif yang menjadi solusi adalah penyatuan sofa ruang keluarga dengan meja makan. Desain meja makan R House at Taman Laguna yang simple dan hemat ruang. Ukuran meja makan, jarak kaki-kaki dan ukuran kursi sudah diperhitungkan agar bisa muat dengan rapi di bawah meja.

HOUSE AT LEGENDA WISATA CIBUBUR

Sofa dua tempat duduk tanpa lengan diposisikan segaris dengan TV di hadapannya. Ukuran sofa dan rak TV juga sudah diperhitungkan sebelumnya agar ada ruang untuk sirkulasi gerak yang nyaman. Balkon sederhana yang memberikan kesegaran udara untuk kamar tidur House at Legenda Wisata

Balkon yang serba terbuat dari kayu menampilkan kekokohan alami dari konstruksinya yang sederhana, namun memberikan manfaat optimal. Keindahan ditampilkan oleh ekspos karakter serat-serat kayu dengan bentuk asli papan yang memanjang dengan sambungan sederhana perlambang kejujuran karya arsitektur yang fungsional.

Konsep open-plan menyatukan ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Kesederhanaan minimalis yang fungsional ditampilkan dengan tidak adanya permainan ketinggian lantai dalam ruang open-plan ini. Kitchen island dan plafond yang berbeda di atas dapur menjadi pembatas area dapur dan ruang makan.


Pencahayaan dan sirkulasi udara alami yang baik di kamar mandi House at Legenda Wisata
Warna abu-abu batu alam pada dinding dan kayu di lantai kamar mandi memperkuat kesan kamar mandi minimalis yang natural. Bagian dinding yang terbuka membuat kamar mandi ini bermandikan cahaya alami dan menjadi akses sirkulasi udara alami yang membuat kamar mandi ini sehat.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.