Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspirasi Desain Ramah Lingkungan dari Karton untuk Para Pengungsi

Inspirasi Desain Ramah Lingkungan dari Karton untuk Para Pengungsi

Urbanloka.com – Sepuluh siswa dari Universitas Ilmu Pengetahuan di Finladia baru saja selesai merancang koleksi furnitur yang dapat menanggulangi dampak bencana alam dan krisis para pengungsi. Desainnya merupakan hasil penelitian bertema Rehome.

“Ide utama di balik Rehome sendiri menjawab kebutuhan primer manusia saat bencana alam terjadi,” Ungkap Iida Nordgren.

Agar furnitur dapat dirancang seefisien mungkin, para perancang memilih metode slotting – yang berarti setiap potongan furnitur dapat diturunkan dengan sangat cepat dan mudah. Masing-masing terbuat dari kayu dan karton. Desainer Anne Hirvonen melihat bentuk kardus yang disusun dapat membentuk partisi yang kokoh, serta layar privasi Iida Nordgren yang dapat diregangkan dengan panjang dan lebar yang sesuai dengan ruang.

Sejumlah perancang juga menciptakan konsep untuk tempat tidur yang berbeda-beda. Tempat tidur anak-anak ala Emma Sivusalo dapat menyesuaikan dirinya saat bayi bertumbuh, sementara tempat tidur Jani Luukkonen dapat ditumpuk untuk memecahkan masalah ruang yang terbatas.

Topias Kanto ingin mengatasi masalah kurangnya privasi saat tidur, sehingga ia membuat pembatas ruang dari kardus yang dapat ditutup oleh tirai, sementara Henri Mertanen menggunakan kayu lapis untuk membuat bunkbed yang dapat menampung hingga dua orang. Jussi Alanen merancang tempat tidur single sederhana, dengan menggunakan kardus.

Rosa-Maria Tolvanen menyadari pentingnya makan bersama, sehingga menciptakan meja makan dan set bangku. Sementara para perancang menciptakan potongan-potongan ini dengan pemindahan dalam pikiran, mereka juga percaya bahwa mereka dapat melayani mengakomodasi kebutuhan akan perkemahan.

Masing-masing dari 10 furnitur tersebut dipamerkan di Helsinki Design Week tahun ini, yang akan berlangsung sampai hari Minggu. Krisis pengungsi telah menjadi topik yang semakin hangat bagi para arsitek dan perancang, mengingat semakin buruk situasi bumi selama beberapa tahun terakhir.

Lebih detail lagi tentang furnitur-furnitur multifungsi, pada video dibawah ini Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.