Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspirasi Homeoffice ala Arsitek Silvia Allori

Inspirasi Homeoffice ala Arsitek Silvia Allori

Urbanloka.com – Arsitek Silvia Allori merombak sebuah flat yang telah berdiri mulai dari tahun 1970-an di Florence. Perombakan ini dilakukan untuk mewujudkan hunian dengan ruang kerja sendiri didalamnya. Yuk kita simak seperti apa detailnya Urbaners!

Memanfaatkan furnitur yang terintegrasi dengan ruang penyimpanan dari dinding untuk memaksimalkan setiap sudut ruang pada apartemen seluas 42 meter persegi. Ide ini mumcul dari dari sebuah distrik Oltrarno Florence yang dirancang oleh arsitek bernama Roberto Monsani, Sebuah panel yang menghubungkan dinding dan ruang penyimpanan tersembunyi pada hunian.

Yang kemudian ia terapkan pada dinding ruang tamu, dengan fungsi ganda, dapat di gunakan sebagai meja belajar dan rak buku tersembunyi, sementara built-in sofa dapat diubah juga menjadi tempat tidur Urbaners. Sungguh sangat menarik bukan!

“White laminasi adalah teknik dominan yang diterapkan untuk bermain-main dengan dinding ruang tamu pada hunian. Menyembunyikan lemari, meja, lampu neon dalam ruang lain, dan membuat ruang tampak lebih luas” jelas Allori, proyek ini kemudian diberinama My Home & Office.

Bersebrangan dengan pintu masuk aula apartemen ini berfungsi sebagai dapur, sehingga Allori memasang emas tirai logam – untuk menyembunyikannya ketika mereka tidak digunakan.

Tirai ini juga dapat digunakan sebagai selimut api darurat isotermal dari survival kit lho. Dengan dapur tersembunyi, memungkinkan koridor dapat dimaksimalkan untuk ruang duduk bebas. Balok putih mendominasi langit-langit ruang ini hingga ke dalam ruang tamu, yang dikelilingi oleh sofa nyaman berwana coklat susu.

Sofa duduk yang juga dapat digunakan sebagai tempat tidur ini, dilengkapkan dengan rak buku, dan beberapa tanaman pada sudut hunian, memberi kesan minimalis yang menyamankan. Rak buku sendiri dipasangkan dengan menggunakan pasak Slot ke lubang di dinding sebagai ruang penyimpanan.

Allori sebelumnya merupakan partner di studio makanan-desain Italia Arabeschi di Latte sebelum membangun studio sendiri pada tahun 2014. Kini ia menjalankan layanan konsultasi kreatif untuk styling interior serta set, instalasi dan desain acara dari rumahnya Urbaners.

Banyak arsitek, desainer dan seniman muda yang kemudian mengadopsi pendekatan serupa dalam mengubah ruang hidup mereka menjadi home office. Salah satu yang terkenal diantaranya artis berbasis di Tel Aviv yang menggunakan furnitur sederhana untuk mengkonversi ruang seluas 15 meter persegi di rumah mereka menjadi sebuah ruang studio unik. Tertarik mengaplikasikannya pada hunianmu juga Urbaners?

Fotografi adalah dengan Simone Bossi.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.