Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspirasi Rumah Kontemporer dari 4 Kontainer Di Jatiasih, Bekasi

Inspirasi Rumah Kontemporer dari 4 Kontainer Di Jatiasih, Bekasi

Urbanloka.com – Penggunaan kontainer kini kerap menjadi alternatif bangunan. Bahkan, penggunaannya pun tak hanya sekadar untuk bangunan bisnis, namun kini telah merambah hingga menjadikannya sebuah hunian Urbaners. Seperti pada lahan seluas 150 meter persegi ini. Atelier Riri seorang arsitek yang mendapatkan tantangan dari rekan mereka untuk mendesain rumah dengan menggunakan kontainer bekas. Yuk kita simak detailnya berikut ini.

Rumah ini terletak di Bekasi, sebuah pinggiran kota dekat kota besar Jakarta. Rumah untuk pasangan muda dengan 2 anak, dengan membangun suatu rumah menggunakan empat buah kontainer di atas lahan seluas 150 meter persegi (m2).

Empat kontainer tersebut dia pasang secara tumpang tindih dan melintang. Meski dia sudah membuat beberapa lapisan tambahan di atap kontainer untuk menurunkan suhu panas, namun wadah ini sengaja dia fungsikan menjadi kebutuhan sekunder, seperti ruang bermain anak, ruang belajar, ruang kerja, dapur dan area servis, karena Selain ruang pada umumnya, pemilik juga ingin menambah ruang hobi sebagai area aktivitas untuk anak-anaknya.

Agar tidak menciptakan hawa panas, dia menambahkan lapisan di atap kontainer tersebut. Adapun lapisannya berupa besi berbentuk kawat yang dianyam menjadi lembaran (wiremesh) serta dengan menumbuhkan tanaman merambat dan bahan peredam suara, glasswool di langit-langit yang terbuat dari kayu pinus.

Tangga yang landai dibuat untuk menjangkau setiap lantai dan bagian rumah yang terbagi oleh kekosongan besar di tengah rumah. Kami juga membuat ruang tambahan dengan menggunakan dek kayu di atas atap. Ruang ini bisa menjadi ruangan untuk mengumpulkan keluarga sambil menikmati udara segar di pagi atau siang hari.

Beberapa juga menggunakan pendekatan untuk mengurangi bahan, seperti pada lantainya yang terbuat dari beton yang dipoles, perabotan kayu yang belum selesai, serta dinding bata yang hanya dicat untuk mengurangi penggunaan semen. Kami sangat percaya bahwa rumah ini akan menjadi definisi baru rumah tropis kontemporer di Indonesia.

Berikut dibawah ini tampilan hunian dari berbagai sudut Urbaners.

           

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.