Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Instalasi Menarik Menara Eiffel Paris ala MAD Arsitektur

Instalasi Menarik Menara Eiffel Paris ala MAD Arsitektur

Urbanloka.com – Setelah melalui kompetisi internasional pada 2016 lalu, arsitek MAD mengungkapkan usulan renovasi sebuah gedung pencakar langit yang terkenal di Paris, ‘tour montparnasse’. Dalam prosesnya, terpilih desain yang mengubah bangunan monolitik di pusat kota – menjadi instalasi dengan pencahayaan artistik serta refleksi terbalik di sudut kota.

Desain MAD menggunakan prinsip cekung untuk menciptakan ilusi optik yang dramatis. Dengan mengatur setiap fasad panel kaca pada sudut tertentu, bangunan tersebut kemudian menjadi cermin berskala kota. jalanan serta atap bangunan yang tampak seolah menggantung di langit-langit; Sementara langitnya tercermin pada bagian bawah bangunan, dan bercampur dengan ilusii lingkungan sekitarnya.

Seperti juga eiffel, menara ini mewakili kebanggaan dan prestasi npada masanya,’ jelas ma yansong, arsitek utama di MAD. Berdiri di tengah-tengah negara klasik paris. Dengan nilai sejarah yang terdapat pada bangunan, renovasi tidak akan mengubahnya secara total hanya menambahkan perspektif baru tentang bagaimana manusia dapat hidup berdampingan dan berinteraksi dengan menara dan lingkungannya, untuk membawa makna hidup yang lebih baik bagi lingkungan sekitarnya.

Pada tahun 1973, bangunan bertingkat 59 ini merupakan salah satu gedung pencakar langit terakhir yang akan dibangun di paris

Pada bulan september 2017, nouvelle AOM kemudian membuat sebuah konsorsium dari tiga perusahaan perancis, yang kemudian dipilih untuk menyelesaikan proyek tersebut. Proses renovasi yang menghabiskan biaya 300 juta euro tersebut kemudian dibiayai seluruhnya oleh pemilik menara,  dan dijadwalkan selesai pada Olimpiade olympic pada tahun 2024. Lihatlah proyek ini secara lengkap di sini.

Arsitek MAD adalah satu dari tujuh perusahaan terpilih untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini

desain menggunakan prinsip cekung untuk menciptakan ilusi optik yang dramatis

 

Info proyek:

Direksi yang bertanggung jawab: ma yansong, qun dang, yosuke hayano
Rekan yang bertanggung jawab: kerabat li, andrea d’antrassi
Tim desain: li guangchong, jordan kanter, jacob hu, marco gastoldi, matthew pugh, felix amiss, yan ran, casey kell, ben yuqiang, zhao meng, rozita kahirtseva, torsten radunski, kang muda, li liang
Arsitek utama: arsitek MAD
Arsitek eksekutif: DGLa
Insinyur struktural: terrell
Insinyur MEP: NOX ingénierie
Konsultan façade: VS-A
Façade – konsultan refleksi: elxir / philppe bompas
Konsultan pencahayaan: l’observatoire internasional / deserves hervé
Konsultan lingkungan: NOX oxygène

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment