Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Intip Cara Kerja Robot Kamera Berbentuk Ikan Canggih Rancangan Harvard University Ini Urbaners!

Intip Cara Kerja Robot Kamera Berbentuk Ikan Canggih Rancangan Harvard University Ini Urbaners!

Urbanloka.com – Para ilmuwan MIT di Harvard University telah meluncurkan ikan robot lincah dengan kamera di dalamnya, sehingga dapat berenang bersama ikan sungguhan untuk menangkap foto atau rekaman video kehidupan bawah laut dalam jarak terdekat.

Terungkap dalam makalah yang diterbitkan MIT’s Computer Science dan Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL), ikan robot bernama SoFi ini sengaja dirancang menyerupai bentuk aslinya agar tidak mengganggu lingkungannya. Telah diuji cobakan di Rainbow Reef di Fiji, dan terbukti mampu berenang hingga di kedalaman lebih dari 50 kaki selama kurang lebih 40 menit.

MIT mengungkapkan ikan robot ini akan digunakan untuk mendokumentasikan kehidupan laut
secara nyata, dengan memanfaatkan motor hidrolik yang menciptakan gerakan sisi-ke-sis tanpa batasi sehingga mampu meniru gerakan ikan sungguhan, robot sediri dapat beroperasi pada berbagai kecepatan berenang yang berbeda, dengan kecepatan rata-rata sekitar satu meter per detik.

Ikan robot juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan daya apungnya dengan menggunakan kompartemen berat yang dapat disesuaikan dan “unit kontrol buoyancy” yang dapat mengubah kepadatannya dengan mengompresi dan dekompresi udara. Selain itu, dua sirip di sisinya memungkinkannya untuk menyesuaikan suara, sehingga bisa berenang dalam garis lurus, berbelok, atau menyelam.

MIT mengungkapkan Tubuh robot yang terbuat dari karet silikon dan plastik fleksibel, dengan beberapa komponen cetakan 3D, termasuk kepala, yang menampung semua komponen elektronik termasuk kamera tunggal.

Untuk mengarahkan ikan, tim menggunakan kontroler Super Nintendo tahan air yang bekerja menggunakan sistem komunikasi akustik kustom. Tidak seperti kendaraan bawah air otonom (AUV) yang secara tradisional telah ditambatkan ke perahu atau ditenagai oleh baling-baling, SoFi berjalan pada baterai lithium polimer, serupa dengan yang ditemukan di smartphone.

“Sejauh ini, kamera ikan robot ini merupakan kamera robot pertama yang dapat berenang tanpa tali dalam beentuk tiga dimensi dalam waktu yang cukup lama,”ungkap kandidat Doktor CSAIL Robert Katzschmann kepada situs berita MIT.

“Memiliki potensi besar untuk menjadi media jenis baru yang mampu mengeksplorasi serta membuka jalan untuk mengungkap kehidupan laut dengan lebih dalam lagi. Lebih detail pada video dibawah ini Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.