Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Intip Hunian Temporer Ramah Lingkungan, Cube Boarding House di Setiabudi

Intip Hunian Temporer Ramah Lingkungan, Cube Boarding House di Setiabudi

Urbanloka.com – Menengok sebuah desain hunian yang menginspirasi Cube Boarding House ( CBH ) yang di desain dengan kesadaran bahwa sebuah hunian temporer-pun harus dapat menjawab kebutuhan berhuni yang praktis, mampu menjawab semua kebutuhan pengguna, bersifat kontemporer, juga ramah terhadap lingkungan. Simak lebih lengkapnya berikut ini!

CBH hadir di sebuah kawasan padat penduduk di Kuningan. Di kawasan ini, hunian temporer seperti CBH sangat dibutuhkan karena wilayah ini adalah wilayah pusat perkantoran di Jakarta.

Memiliki 15 kamar, 5 diantaranya memiliki extra luas di bagian atasnya. 5 kamar ini berkonsep mezanine memanfaatkan ruang bawah atap. Setiap kamar didesian dengan kesan ketenangan didalamnya, juga dengan dilengkapi kamar mandi pribadi.

CBH selasar didesain se-ceria mungkin. Dengan perpaduan lantai semen ekspose, ubin pc warna-warni dari bali, dan terdapat polesan mural setinggi 3 lantai karya seniman mural Chiki Fawzi yang menghubungkan 3 lantai tersebut.

Menghindari kesan pengap dari bangunan, CBH sangat memperhatikan peroalan pengudaraan dan pencahayaan alami dari hunian.

Dengan memanfaatkan rooster bata di bagian depan, udara alami mengalir masuk dari depan ke dalam menuju ke celah antara kaca di lantai atas. Sistem pengudaraan alami ini tidak menggunakan energi listrik sehingga menjamin kehandalan bangunan ini dari sisi kehematannya terhadap energi. Udara semakin nyaman di dalam karena aliran angin digerakan oleh seperangkat kipas angin. Kelembaban udara pergi, suhu udara dapat tetap terjaga.

Di siang hari, selasar tidak membutuhkan lampu buatan karena seluruh cahaya datang dari kaca di atas selasar. Seluruh ruang mendapatkan akses jendela sehingga pada saat siang hari tidak ada lampu dibutuhkan untuk menyinari seluruh ruangan. Ini adalah bagian dari prinsip dari arsitektur berkelanjutan yang dilakukan pada bagunan CBH.

Diharapkan dengan terciptanya ruang yang menyenangkan sesuai konteks zaman saat ini dan penerapan prinsip-prinsip arsitektur yang berkelanjutan, CBH ini mampu mendorong harga jual setiap kamar sehingga pemilik mendapatkan hasil yang lebih daripada investasi yang sudah mereka keluarkan. Good Design is a Good Business.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.