Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Konsep Unik Hunian Sekaligus Kantor Kontemporer ala Vietnam

Konsep Unik Hunian Sekaligus Kantor Kontemporer ala Vietnam

Urbanloka.com – Studio Vietnam MM ++ Architects telah mengemas sebuah ruko kontemporer menjadi sebuah hunian seluas empat meter di Ho Chi Minh City, dengan fasad yang dapat terbuka tertutup secara otomatis. Yuk kita simak seperti apa detailnya berikut ini Urbaners!

  

Dinamai Townhouse dengan Shutter Folding-up, kediaman empat tingkat ini mengambil isyarat dari ruko tradisional – dengan tipologi bangunan umum di Asia Tenggara yang menggabungkan tempat kerja dengan tempat tinggal.

MM ++ Arsitek bertujuan untuk memperbarui jenis bangunan ini, menciptakan kediaman abad ke-21 yang dapat membuka secara otomatis pada siang hari, dan tertutup pula secara otomatis pada malam harinya untuk memberikan privasi bagi si penghuni.

Rumah Vietnam oleh MM ++ Arsitek memiliki atap dengan banyak tanaman hijau seperti pohon palem dan ruang terbuka. “Proyek ini mengusulkan pendekatan minimalis dan kontemporer tipologi ruko tradisional,” jelas Michael Charruault, salah satu dari dua arsitek yang merancang studio tersebut.

 “Seperti townhouse khas Vietnam, bagian depan pada lantai dasarnya dapat digunakan sebagai area bisnis di siang hari, dengan desain yang sepenuhnya terbuka ke arah jalan, namun juga dapat digunakan sebagai tempat tinggal pemiliknya,”ungkapnya.

Sebuah fasad kayu besar seperti rana jendela memungkinkan transformasi ini. Pada siang hari, lipatannya melebar untuk mengungkapkan bagian dalam, dan pada malam hari dapat ditarik kembali ke bagian bawah. Permukaannya yang louvred memungkinkan cahaya dari ventilasi menembus masuk bangunan saat tertutup.

 

“Jendela tradisional, khas arsitektur kolonial Asia Tenggara, telah diubah menjadi rana kayu desain industri yang lebih industrial, dengan sistem pembukaan lipat,” tambah arsitek tersebut.

Bagian dalam bangunan merespons lebar sempitnya. Lantai dasar menjadi ruang terbuka yang fleksibel, sedangkan tiga lantai atas menjadi kamar tidur yang masing-masing menghadap ke halaman belakang huniian.

Setiap kamar juga memiliki kamar mandi sendiri, dapat diakses melalui jembatan yang membentang di halaman. Dengan cara ini, rumah mampu menampung dua atau tiga generasi keluarga tunggal yang nyaman.

“Kita sering menangani konfigurasi jenis ini,” lanjutnya. “Tantangannya adalah membawa pencahayaan alami serta ventilasi, oleh karena itu tata letak dan tata ruang terbuka adalah pilihan tepat untuk hunian ini”.

Dengan konsep gaya campuran minimalis dan industri. Secara eksternal, dinding yang mengelilingi fasad rana didominasi oleh warna putih, sementara fitur interiornya terbuka dengan materi beton serta tangga yang menggabungkan baja dan kayu.

Kamar tidur di lantai paling atas terbuka ke teras atap, memungkinkan penghuni untuk mengamati jalan yang sibuk di bawah. Balok baja membingkai ruang, menyediakan struktur yang dapat ditumbuihi tanaman rambat.

Ini dia Rancangan Hunian secara keseluruhan Urbaners.

Fotografi oleh Hiroyuki Oki.

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.