Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Jaga Fokus dan Konsentrasi dengan Semakin Bertambahnya Usia dengan Langkah Ini

Jaga Fokus dan Konsentrasi dengan Semakin Bertambahnya Usia dengan Langkah Ini

Urbanloka.com – Seiring dengan bertambahnya usia, daya kerja otak manusia cenderung menurun. Hal ini akan diperparah jika kondisi kesehatan yang kurang baik. Penelitian yang dilakukan tim dari University College London (UCL) menunjukkan fungsi otak mulai menurun di usia 45 tahun. Tim meneliti 5.198 pria dan 2.192 wanita yang notabene pegawai negeri sipil Inggris berusia 45-70 tahun selama periode 1997 hingga 2007. Berikut beberapa kiatnya menjaga konsentrasi dan daya ingat otak dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

PERHATIKAN ASUPAN GIZI

Otak butuh asupan makanan dengan nutrisi yang baik agar kemampuannya tetap terjaga. Konsumsilah makanan seperti sayuran hijau, ikan yang mengandung asam lemak omega-3, teh hijau, dan kacang-kacangan, serta makanan yang mengandung vitamin untuk otak agar fungsi otak lebih terjaga. Selain itu, hindari minuman beralkohol. Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan dapat berdampak buruk pada fungsi kognitif (proses berpikir) dan memori.

RUTIN BEROLAHRAGA

Berolahraga secara teratur juga bisa menjadi cara untuk menjaga daya ingat yang efektif. Olahraga teratur dapat memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, meningkatkan suplai darah ke otak, mendorong perkembangan sel saraf baru, mengurangi resistensi insulin, mengurangi peradangan, serta merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak. Berolahraga ringanlah seperti berjalan kaki selama 45 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu!

OLAH OTAK

Otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga, lho! Ada banyak cara untuk mengasah otak agar tetap tajam, antara lain dengan rajin mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, rajin membaca, bermain catur, atau memainkan permainan menghafal gambar. Oh ya, bermain musik juga bisa menstimulasi kerja otak Anda. Selain itu, permainan strategi seperti monopoli dan board game lainnya juga membuat otak Anda terus bekerja maksimal.

ATUR AKTIVITAS

Seiring dengan bertambahnya usia, mungkin akan lebih sering lupa meletakkan barang-barang. Oleh sebab itu, cobalah merapikan hidup. Mulai dari hal sepele, seperti menaruh barang di tempatnya atau menulis agenda harian. Kebiasaan ini akan membantu otak agar lebih fokus dan daya ingat terjaga.

BERISTIRAHAT

Tidur berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi. Cukup beristirahat akan membuat tubuh bugar, juga terhindar dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7 – 9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas dan cukup dapat membantu daya ingat untuk mempelajari sesuatu hal yang baru.

KONSUMSI VITAMIN

Saat ini, cukup banyak beredar vitamin yang membantu memperbaiki kerja otak. Jika memang diperlukan, kamu bisa mengonsumsinya. Akan tetapi sangat disarankan agar berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat atau vitamin tertentu!

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.