Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Jaket Keren MultiFungsi: Solar Panel dan Power Bank dalam Satu. WOW!

Jaket Keren MultiFungsi: Solar Panel dan Power Bank dalam Satu. WOW!

Urbanloka.com – Perancang busana Belanda Pauline van Dongen telah menciptakan pakaian yang terintegrasi dengan panel surya, jaket ini bahkan dapat mengisi ponsel para penggunanya. Tak lupa, jaket ini juga memiliki perangkat GPS lho Urbaners WOW! Yuk kita simak seperti apa detailnya berikut ini.

Jaket tahan air ini terbuat dari benang denim daur ulang yang disediakan oleh Biru LOOP Originals, dan memiliki tudung yang dapat disembunyikan di dalam kerah ZIP.

Tiga panel surya fleksibel ini juga disembunyikan dengan apik oleh sang desainer di bagian dalam jaket. Membuatnya tetap terlihat stylish tanpa menghilangkan fungsi gandanya sebagai pengisi daya atau power bank dari tenaga matahari.

Wad Walkers – yang bekerja pada Wadden Sea Islands (suatu cagar alam di Belanda). Kerap menghabiskan hingga sepuluh jam di luar ruangan untuk hiking. Van Dongen kemudian terinspirasi untuk mengembangkan jaket tersebut dengan sebelumnya menggabungkan desain yang unik, dan fungsinya dalam satu proses desain Urbaners.

“Kami teringat fakta bahwa Wad Walkers kerap menghadapi berbagai kondisi cuaca yang berbeda-beda, termasuk hari berangin dan hujan yang tak menentu karena bekerja di ruang terbuka. Apalagi dengan faktor kedekatannya dengan laut,” jelas van Dongen.

Jaket ini merupakan bagian dari kerjasama yang berkelanjutan dengan Waddenvereniging – Belanda Wadden Sea – mereka yang bertanggung jawab untuk melindungi daerah pesisir.

“Kami menikmati bermain dengan tekstil dan fashion yang terintegrasi dengan alam, sekaligus mengerahkan upaya terbaik untuk menemukan harmoni diantara ketiganya (style, teknologi, dan alam).”

Desainer berbasis Arnhem mulai menjelajahi berbagai kemungkinan dengan menggabungkan panel surya menjadi pakaian pada tahun 2013, dengan panel surya pada koleksi busananya. Panel ini ia sembunyikan dengan apik i di bawah flaps yang menjadikannya sebagai pengisi daya berjalan. FYI Jaket ini mampu mengisi baterai smartphone hingga penuh hanya dalam waktu dua jam saja Urbaners.

Hingga saat ini Google juga turut bereksperimen dengan memasukkan unsur tambahan ke dalam pakaian, dengan tenun benang konduktif dan tekstil terbaik. Hm.. tertarik memilikinya Urbaners? Solusi ngga perlu repot bawa powerbank kemana-mana lagi nih!

Fotografi: Roos van de Kieft

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.