Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Jangan Biarkan Sofa Menjadi Sarang Kutu dan Jamur, Ini 3 Cara Bersihkannya

Jangan Biarkan Sofa Menjadi Sarang Kutu dan Jamur, Ini 3 Cara Bersihkannya

Urbanloka.com – Meski terlihat bersih dan tetap nyaman bersantai, sesungguhnya sofa yang jarang dibersihkan telah menjadi sarang jamur dan kuman. Semakin lama dibiarkan, sofa akan rusak dan kesehatan Anda juga jadi bermasalah, seperti alergi atau asma. Itulah sebabnya membersihkan sofa sangat penting Anda lakukan secara rutin.

Selama ini, mungkin Anda membersihkan debu di sofa dengan menggunakan kemoceng. Namun, tindakan tersebut tidak ampuh untuk membersihkan kuman maupun jamur. Supaya sofa benar-benar bersih, perhatikan beberapa langkahnya, seperti

  • Siapkan alat dan produk pembersih, seperti sikat, sabun cair, spons, wadah, cuka putih, amonia, alkohol, dan semprotan fungisida. Jangan lupa gunakan sarung tangan.
  • Cara membersihkan sofa dari jamur untuk pertama kali adalah sikat area yang berjamur hingga terlihat bersih.
  • Campur 1 liter air hangat dengan 1/2 sendok sabun cair ke dalam wadah. Bahan tersebut dapat Anda ganti dengan alkohol dengan cuka putih atau air dengan amonia dalam takaran yang sama.
  • Kemudian, aduk hingga rata dan masukkan spons. Lalu, oleskan pada bagian sofa yang berjamur untuk menghilangkan jamur. Kemudian, bilas spons dengan air dan kembali gosok ke sofa hingga bersih.
  • Biarkan sofa mengering di bawah sinar matahari dan semprotkan fungisida.

JAGA SOFA TETAP KERING

Setelah kering, sudah saatnya Anda mengubah tempat Anda meletakan sofa. Letakkan sofa di dekat jendela untuk mencegah kain sofa menjadi lembap. Sekaligus membunuh kuman dan jamur tertentu. Jika sofa Anda basah karena tumpahan air, segera keringkan dengan menjemurnya di luar rumah atau meggunakan kipas angin.

BERSIHKAN SECARA RUTIN

Lakukan penyedotan debu seminggu sekali. Sementara menjemur sofa, bisa Anda sesuaikan dengan keinginan, paling tidak satu bulan sekali.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.