Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Kenali Bahayanya Terlalu Sering Mengonsumsi Mie Instant Urbaners

Kenali Bahayanya Terlalu Sering Mengonsumsi Mie Instant Urbaners

Urbanloka.com – Mie instan seringkali menjadi menu pengganti makanan utama, bahkan tak sedikit orang yang menjadikan mie instan sebagai makanan wajib setiap hari. Padahal tahukah Anda berbagai dampak buruk terlalu sering mengonsumsi mi instant Urbaners? Berikut diantaranya.

Dalam satu mie instant terkandung 1.700 mg sodium.  Jumlah ini sudah mencukupi 85 persen kebutuhan garam harian Anda dari batasan yang direkomendasikan. Mie instan juga tergolong makanan minim gizi, yang tidak mampu mencukupi kebutuhan gizi Anda sehari-hari.

Ditambah mie instan sangat tinggi kalori dari karbohidrat tepung dan juga tinggi garam sodium. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam dan kalori dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Mulai dari peningkatan berat badan, hipertensi, diabetes, hingga penyakit jantung.

Mulai kurangi konsumsinya secara perlahan, jika Anda terbiasa mengonsumsi mie instant setiap hari, cobalah untuk membatasi frekuensinya jadi dua kali seminggu. Setelah berhasil, kurangi lagi jadi sekali seminggu. Begitu terus sampai Anda mampu menahan diri ketika muncul keinginan makan mi.

Supaya peralihan dari mie instan ke makanan sehat lainnya lebih mudah, campurkan mi instan kesukaan Anda dengan potongan sayuran sebagai pelengkap hidangan mie instan Anda. Imbangi juga konsumsinya dengan memperbanyak makan makanan sehat dan bergizi variatif, seperti buah dan sayur, untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jangan menyimpan mie instan di rumah Anda akan semakin mudah tergoda makan mie kalau ada persediaannya di rumah. Maka, jangan beli lebih dari satu bungkus mie instan. Rasa ngidam biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa saat atau kalau sudah makan makanan yang lain. Jika masih merasakan desakan makan mi, berjalan kakilah ke warung terdekat. Selain karena jalan kaki menyehatkan tubuh, trik ini juga akan mengulur waktu sehingga rasa ngidam hilang sendiri. Anda juga mungkin jadi sangat haus. Anda pun akan minum banyak air dan sudah kenyang duluan sebelum sempat beli mi.

Terakhir belajarlah memasak, beberapa orang ketagihan mie instan karena sangat mudah disiapkan. Terutama kalau Anda sedang kelaparan. Untuk mengubah kebiasaan tersebut, belajarlah memasak. Mulai dari hidangan yang sederhana seperti telur dadar sampai yang cukup rumit seperti sop. Kalau bisa masak, Anda jadi lebih kreatif dan tak akan memilih mi instan saat lapar.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.