Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ketahui 3 Bahayanya Mikroplastik Bagi Kesehatan Anda

Ketahui 3 Bahayanya Mikroplastik Bagi Kesehatan Anda

Urbanloka.com – Aneka makanan dengan pembungkus dari jenis-jenis plastik dapat menimbulkan masalah keamanan pangan yang muncul karena toksisitas plastik dan komponennya. Sebab mikroplastik dari wadah tadi, dapat terserap oleh tubuh. WHO sendiri menyatakan bahwa beberapa monomer plastik diketahui bersifat karsinogenik atau toksik jika tertelan.

Banyak zat aditif pada plastik dicurigai dapat mengganggu sistem endokrin atau hormonal di dalam tubuh. Kontaminan beracun yang diserap oleh plastik dapat dilepaskan dan terakumulasi secara biologis di lingkungan.

Mikropartikel plastik terakumulasi di saluran pencernaan hewan yang memakannya, yaitu ikan. Jadi jika mengonsumsi ikan, buang seluruh bagian perutnya, kecuali untuk spesies ikan berukuran kecil, seperti sarden, ikan teri, dan sejumlah ikan air tawar berukuran kecil yang dimakan utuh.

Hati-hati dalam mengonsumsi kerang. Sebuah penelitian menemukan. konsentrasi mikroplastik tertinggi yang dilaporkan dalam kerang adalah 4 partikel/gram. Jika kita mengonsumsi 250 gram kerang, artinya dapat mengandung hingga 1.000 partikel mikroplastik. Mengenai nasib plastik dalam tubuh manusia dan kemungkinan dampak kesehatan yang merugikan, memang masih banyak yang tidak diketahui.

Diperkirakan bahwa hanya partikel terkecil (1,5 μm atau kurang) dapat menembus ke dalam pembuluh darah kapiler organ-organ di seluruh tubuh dan sisanya akan dibuang melalui urine.

Plastik diduga berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan stress oksidatif dan perubahan pada DNA. Kita tidak harus menghindari plastik, jika memang tidak ada alternatif pengganti. Namun gunakan secara bijak dan sesuai aturan agar tidak merugikan. Selain itu biasakan memilah-milah sampah plastik dengan sampak material lainnya, sehingga tidak mencemari lingkungan.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.