Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ketahui Bagaimana Caranya Menghitung Gaji Youtuber Berikut Ini Urbaners!

Ketahui Bagaimana Caranya Menghitung Gaji Youtuber Berikut Ini Urbaners!

Urbanloka.com – Gaji youtuber sering menjadi objek yang seru untuk dibahas karena jumlahnya yang dikatakan mengalahkan pendapatan seorang CEO. Dengan gaji youtuber yang menggiurkan, mari mengintip berapa sesungguhya pendapatannya Urbaners. Berikut review lengkapnya.

Gaji youtuber bisa didapatkan dari 3 pihak yakni langsung dari perusahaan Youtube, pihak ketiga atau perusahaan komersial yang ingin beriklan di chanel youtube Anda

YOUTUBE ADS

Guna mendukung biaya operasional dan hidup para youtuber yang rutin menguggah video ke websitenya, pihak Youtube membagikan komisi kepada seluruh pemilik channel yang ada setiap bulannya, atau AdSense. Semakin banyak jumlah penonton yang melihat iklan maupun mengklik iklan, akan semakin banyak juga pendapatan yang diberikan Youtube kepada para pemilik akun.

AFFILIATE MARKETING

Affiliate marketing atau dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran afiliasi adalah sebuah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara perusahaan komersial dan youtuber itu sendiri. Umumnya gaji youtuber seperti ini diberikan oleh brand, seperti perusahaan e-commerce misalnya, yang sedang memasarkan produknya. Jadi yang pertama harus terjadi adalah kesepakatan kerja sama antara pihak e-commerce dan pemilik channel. Lalu setelah adanya kesepakatan, youtuber akan mengiklankan tentang produk atau promo yang lagi dibuat oleh perusahaan tersebut di video unggahannya.

JUALAN

Sumber pendapatan Youtuber selanjutnya adalah dari penjualan. Dibandingkan yang lainnya memang cara yang satu ini paling sedikit kalau dilihat dari jumlah penggunanya. Sebab rata-rata yang memanfaatkan metode ini adalah perusahaan besar yang mengiklankan langsung produknya lewat video yang diunggah oleh pihak admin.

ENDORSEMENT

Yang terakhir sekaligus yang paling umum didapatkan oleh para youtuber adalah endorsement produk. Tujuan mereka menyelipkan iklan tersebut ya untuk mendapat keuntungan dari metode endorsement.

BERIKUT HITUNGAN GAJINYA

Untuk mengetahui jumlah pendapatan youtuber dari Youtube ads ada 2 indikator yang bisa digunakan yakni CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click).

  • CPM sendiri adalah uang yang akan didapat setiap 1000 penayangan iklan di seluruh video. Di Indonesia sendiri nominalnya sekitar Rp 7.000 per seribu tayangan iklan. Sementara itu, CPC adalah nominal yang didapatkan setiap 1 orang yang mengklik iklan yang tayang di video. Uang yang akan ditransfer sekitar Rp 5.000 – Rp 12.000.
  • Metode affiliate marketing jumlahnya sangat bervariasi tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Tetapi presentasenya bisa diperkirakan 0,1 hingga 10 persen dari harga produk yang berhasil terjual.
  • Endorsement, di mana gaji yang didapatkan berdasarkan kesepakatan antara Anda dan pihak endorser.

GAJI YOUTUBER PEMULA

Berdasarkan data pendapatan youtuber pemula adalah sekitar US$ 226 atau setara Rp 3,2 juta sampai US$ 3.600 atau Rp 51 jutaan per bulan. Dengan catatan total viewers mencapai 700 ribu lebih dan subscriber bertambah 6.300 orang.

Nah itulah perkiraan gaji youtuber khususnya di Indonesia, tertarik menjadi youtuber Urbaners?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.