Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ketahui Berapa Biaya Sesungguhnya yang Dibutuhkan untuk Desainer Lansekap

Ketahui Berapa Biaya Sesungguhnya yang Dibutuhkan untuk Desainer Lansekap

Urbanloka.com – Ruang hijau pada hunian menjadi salah satu elemen utama yang mempercantik ruang. Selain sebagai tempat relaksasi. Taman keberadaan ruang hijau akan mempercantik hunian, bahkan menaikkan nilai jual rumah. Namun, membuat taman yang baik dan indah tidaklah mudah. Perlu jasa konsultan lanskap agar taman terlihat lebih indah. Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa desainer lansekap. Berikut biaya yang harus Anda keluarkan.

Biasanya proses pembuatan sebuah taman membutuhkan waktu kurang lebih 4 sampai 5 hari, yang dikerjakan oleh gardener atau tukang taman. Biaya yang dibutuhkan untuk pelayanan jasa konsultasi seorang arsitek lanskap, dibagi menjadi 4 metode perhitungan tarif pelayanan (fee design) yang sering digunakan dalam ruang lingkup jasa pelayanan konsultasi arsitek lanskap.

PRESENTASE

Di Indonesia, pada umumnya jasa seorang arsitek lanskap berkisar dari 7.5% hingga 10% dari Jumlah Rencana Anggaran Biaya (RAB). Besar atau kecilnya nilai fee persentase biasanya ditentukan oleh biaya pelaksanaan konstruksi pekerjaan serta tingkat kesulitannya.

WAKTU

Metode ini adalah cara pengaturan besaran tarif jasa pelayanan dengan menentukan lamanya waktu pengerjaan dikalikan dengan harga satuan tarif/jam seorang arsitek lanskap. Besar kecilnya tarif per jam ini ditentukan oleh pengalaman atau jam terbang serta keahlian seorang arsitek lanskap.

LUMPSUM FEE

Parameter besaran tarif lumpsum yang digunakan ditentukan oleh waktu, luasan proyek, biaya, serta tingkat kesulitan proyek. Keuntungan dari metode ini adalanya adanya kesepakatan tarif tetap sehingga tidak terpengaruh oleh besaran dari nilai biaya pelaksanaan. Kerugian dari metode ini adalah jika lamanya waktu pengerjaan meleset dari jadwal yang telah ditetapkan akibat kendala teknis, maka akan berakibat kerugian waktu bagi pihak konsultan arsitek lanskap.

Demikian info, semoga bermanfaat Urbaners

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.