Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ketahui Cara Cerdas Menyiasati Keuangan Rumah Tangga Urbaners!

Ketahui Cara Cerdas Menyiasati Keuangan Rumah Tangga Urbaners!

Urbanloka.com – Uang selalu menjadi topik menarik untuk dibicarakan dalam kehidupan rumah tangga. Bagi anda yang berpenghasilan pas-pasan. Jika tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, maka anda akan mengalami masalah keuangan. Hal ini tentu berpengaruh pada keharmonisan rumah tangga. Berikut dibawah ini merupakan tips pintar mengatur keuangan rumah tangga ala Urbanloka. Check it out Urbaners!

TEMUKAN PENYEBAB MASALAH KEUANGAN

Catat semua pengeluaran Anda, dan lihat apa pengeluaran besar yang sebenarnya tidak terlalu perlu Urbaners. Apakah anda sekeluarga memiliki gaya hidup konsumtif, perencanaan keuangan yang buruk atau anda berdua tidak kompak dalam mengatur keuangan. Setelah anda mengetahui penyebabnya, segera cari solusi terbaik untuk memecahkan permasalaan tersebut. Dengan begitu anda dapat mengatur keuangan rumah tangga anda dengan baik.

SISIHKAN UANG UNTUK MENABUNG

Gaji kecil bukan halangan anda untuk menabung. Jangan berpedoman bahwa menabung harus dengan jumlah besar. Lebih baik anda menyisihkan sebagian gaji lebih awal untuk ditabung. Tentukan bersama keluarga berapa kisaran penghasilan yang disisihkan untuk tabungan. Dengan menabung, keuangan anda lebih seimbang karena anda memiliki simpanan untuk masa depan. Jika perlu, anda bisa menabung setiap hari dari sisa uang saku anda.

BUAT RENCANA KEUANGAN

Setelah dipotong untuk biaya tagihan bulanan dan tabungan, saatnya anda membuat rencana dalam mengatur keuangan rumah tangga. Kelola dengan baik sisa penghasilan anda tersebut untuk kebutuhan sehari-hari seperti belanja bulanan, belanja dapur harian, uang saku anak, biaya transportasi dan keperluan lainnya.

HITUNG SEMUA PEMASUKAN DALAM SEBULAN

Suami harus terbuka tentang berapa gaji bulanan yang diterima. Begitu juga dengan istri yang bekerja dan memiliki gaji sendiri. Jangan ada prinsip uang suami, uangku. Uangku ya uangku. Jika perlu buatlah rekening untuk menampung semua penghasilan keluarga anda. Dengan begitu, akan lebih mudah mengelola keuangan rumah tangga anda. Karena anda mengetahui berapa pemasukan anda selama satu bulan.

SEGERA BAYAR TAGIHAN BULANAN

Jangan menunda-nunda membayar tagihan bulanan seperti angsuran rumah, cicilan kendaraan, biaya kartu kredit dan tagihan kecil lain seperti tagihan listrik, PDAM, telepon dan TV kabel. Jika lewat jatuh tempo, maka anda bisa dikenakan denda. Meskipun kecil, denda dapat menambah biaya pengeluaran anda.

SIAPKAN DANA CADANGAN

Dana cadangan perlu anda siapkan untuk keperluan tak terduga yang menghampiri anda maupun keluarga. Misalnya untuk biaya berobat anggota keluarga, bayar acara sekolah, servis kendaraan yang tiba-tiba mogok, sumbangan, undangan dan lain sebagainya.

KURANGI KEBIASAAN MAKAN DI LUAR

Bagi anda yang penghasilannya belum diatas rata-rata, kebiasaan makan diluar bersama keluarga dapat membuat anda mengalami devisit keuangan. So, dalam sebulan, 1-2 kali makan diluar sudah cukup untuk menyenangkan keluarga anda. Selain itu, lebih baik anda membawa bekal untuk makan siang daripada menghabiskan uang saku untuk makan diluar. Kasihan kan, istri sudah capai masak tapi anda jarang memakannya.

CARI PELUANG USAHA

Selain berinvestasi, membuka peluang usaha sendiri dapat menambah pundi-pundi penghasilan anda. Beberapa peluang usaha yang bisa anda coba misalnya usaha kue kecil-kecilan, usaha laundry kiloan, air minum isi ulang, catering, toko sembako, atau rumah makan sederhana. Bicarakan secara matang dengan istri anda. Kira-kira usaha apa yang cocok untuk dikembangkan bersama. Sesuaikan juga dengan lokasi tempat tinggal anda. Dengan usaha dan kerja keras, bukan tidak mungkin usaha sampingan yang anda rintis dapat memberikan pemasukan yang signifikan.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.