Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ketahui Kiat-kiatnya Memilah Sampah Berikut Ini

Ketahui Kiat-kiatnya Memilah Sampah Berikut Ini

Urbanloka.com – Tahukah Anda Jakarta menghasilkan sekitar 7 ton sampah secara berkala. Berikut ini hal-hal yang dapat kita lakukan adalah mengurangi dan mengelola sampah secara bijak. Pilah sampah agar pengelolaan sampah lebih mudah Urbaners. Simak lengkapnya berikut ini!

HIJAU – TEMPAT SAMPAH ORGANIK

Tempat sampah hijau, untuk sampah-sampah organik mencakup sampah-sampah alami seperti dedaunan, ranting pohon, dan sisa makanan. Sampah organik mudah terurai di alam. Selain itu sampah organik juga dapat bermanfaat untuk bahan pembuatan pupuk kompos.

KUNING – TEMPAT SAMPAH ANORGANIK

Sampah anorganik harus dibuang ke tempat sampah yang berwarna kuning, jenisnya seperti plastik, kaleng, styrofoam, dan sebagainya. Bahan ini rata-rata merupakan benda yang diciptakan oleh mesin dan sangat sulit terurai.

MERAH – TEMPAT SAMPAH B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Tempat sampah merah menampung sampah B3 atau sampah dengan bahan berbahaya dan beracun seperti pecahan kaca, bahan-bahan kimia, dan benda berbahaya lainnya. Dengan memilah sampah B3 ke kategorinya diharapkan dapat meminimalisir atau menghilangkan risiko bahaya bagi petugas orange atau masyarakat.

BANK SAMPAH

Tukar sampah yang telah Anda pilah ke Bank Sampah. Bukan hanya mengurangi jumlah sampah, namun juga akan mendapatkan uang sesuai dengan banyak sampah yang Anda tukar. Sampah-sampah ini nantinya akan didaur ulang, salah satunya dengan menjadi produk-produk kerajinan, jenis sampah yang bisa ditukar misalnya kertas, plastik, kaleng, dan lain-lain.

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan diantaranya bawa kantung belanja dan peralatan makan sendiri, dan makan makanan sampai habis.
Demikian info urbaners, semoga bermanfaat!

Sumber : dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.