Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ketahui Manfaat Panel Surya Alami Pada Atap Rumah Anda

Ketahui Manfaat Panel Surya Alami Pada Atap Rumah Anda

Urbanloka.com – Matahari kerap bersinar lebih terik di daerah pedesaan, yang juga dapat dimanfaatkan sebagai atap bertenaga surya, khususnya pada daerah yang padat penduduknya dan membutuhkan banyak udara bersih seperti perkotaan. Di kota-kota besar, atap dengan panel surya ini lebih mudah diaplikasikan, daripada sistem tenaga surya di pedesaan.

Brooklyn SolarWorks

Sumber Foto: Brooklyn SolarWorks

Atap di perkotaan tidak hanya memiliki permukaan yang datar, tetapi juga dapat berfungsi sebagai ruang terbuka yang digunakan sebagai ventilasi, dan tempat keluar masuknya cahaya alami. Para insinyur di SolarWorks Brooklyn kemudian menemukan cara terbaik untuk mendapatkan panel surya dengan menaikan kanopi yang dirancang oleh Brooklyn Studio. Meskipun memang membutuhkan lebih banyak angin dengan 10 panel sistem solar. Baca Juga: Inspirasi Rumah Mungil Sederhana dari Kontainer

Rata-rata produk modul solar cell yang ada dipasaran menghasilkan tegangan 12 s/d 18 VDC dan ampere antara 0.5 s/d 7 Ampere. Modul juga memiliki kapasitas beraneka ragam mulai kapsitas 10 Watt Peak s/d 200 Watt Peak, juga memiliki type cell monocrystal dan polycrystal. Komponen inti dari sistem PLTS ini meliputi peralatan : Modul Solar Cell, Regulator / controller, Battery / Aki, Inverter DC to AC, Beban / Load.

Di pasaran biasanya dijual dalam bentuk paket, tergantung besar watt nya. Pemakaiannya dapat juga dikombinasikan dengan listrik dari PLN. Pada umumnya digunakan untuk lampu-lampu penerangan di rumah, kantor, tempat ibadah, tempat umum dan lampu merah.

Sumber Foto: Brooklyn SolarWorks

Sumber Foto: Brooklyn SolarWorks

Kanopi diletakan pada ketinggian yang cukup untuk mendapat sistem tenaga surya yang cukup pula, namun tentu saja bangunan tetap dibuat menarik dari segi desain eksterior meskipun ditempeli panel surya. Menjadi misi Brooklyn Studio kedepannya, meskipun untuk saat ini.. masih mengedepankan fungsi terlebih dahulu.

Keuntungan Panel Surya. PLTS mampu menyuplai listrik untuk lokasi yang belum dijangkau jaringan listrik PLN :
1. Potensi pemanfaatan energi surya tersebar secara merata sehingga dapat digunakan untuk daerah yang terpencil
2. Listrik surya merupakan solusi yang cepat, karena proses instalasi yang relatif cepat untuk menghasilkan listrik penerangan dll.
3. Tenaga Surya merupakan energi yang sangat bersih, karena sifatnya secara fisika dapat Meng-absorbsi UV radiasi (dari matahari), tidak menghasilkan emisi sedikitpun, tidak menimbulkan suara berisik dan tidak memerlukan bahan bakar yang perlu dibeli setiap harinya.
4. Sistem tenaga Surya sudah terbukti handal lebih dari 50 tahun mendukung program luar angkasa, dimana tidak ada sumber energi lain, tidak juga juga nuklir, yang mampu bertahan dalam keadaan extrim di luar angkasa.
5. Panel Surya merupakan salah satu alat yang dapat memanfaatkan potensi energi radiasi matahari sebesar 4,8 Kwh/ m2 / hari (* Data BPPT tahun 2005) yang merupakan potensial daya yang cukup besar dan belum maksimal dimanfaatkan di Indonesia.
6. Panel Surya mempunyai kesan modern dan futuristik, tetapi juga mempunyai kesan peduli lingkungan dan bersih. Sangat cocok untuk dunia arsitektur modern yang memadukan unsur-unsur penting tersebut.Mau tau seperti apa pengaplikasiaan panel surya,  dan manfaatnya bagi rumah Anda Urbaners? klik disini

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment