Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ketahui Seluk Beluk Membeli Rumah yang Sertifikatnya Berstatus Gadai ini Urbaners!

Ketahui Seluk Beluk Membeli Rumah yang Sertifikatnya Berstatus Gadai ini Urbaners!

Urbanloka.com – Membeli rumah dengan harga yang murah. Jangan sampai mendapatkan rumah dengan sertifikat yang  sedang ‘disekolahkan’, alias sertifikat rumah digadaikan penjualnya ke bank.  Untuk amannya manfaatkan jasa agen properti profesional yang dapat membantu transaksi pembelian properti Anda Urbaners.

Membeli rumah yang sertifikatnya digadaikan sangat beresiko, karena:

  • Bisa saja terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh pihak penjual
  • Rumahnya mungkin saja sudah disita bank
  • Apalagi biasanya pihak penjual akan meminta pembayaran uang muka atau DP lebih dulu.
  • Alasannya, agar sertifikat yang sedang dijaminkan pihak penjual bisa diambil guna memudahkan pengurusan dokumen jual beli. Masuk akal namun sangat berisiko.

Ini dia tipsnya membeli rumah dengan aman:

TANYAKAN BUKTI PEMINJAMAN

Jika benar sertifikat rumah diagunkan, pasti penjual menyimpan berkas-berkasnya dengan baik. Untuk meyakinkan diri, mintalah penjual untuk memperlihatkan bukti pinjaman tersebut. Atau, datangi bank terkait untuk mengonfirmasi keakuratannya.

Untuk mengetahui informasi mengenai data fisik dan data yuridis sertifikat rumah tersebut, Anda dapat mengeceknya di kantor pertanahan setempat dalam bentuk surat keterangan pendaftaran tanah.

TANYAKAN DOKUMEN LAINNYA

Logikanya, hanya sertifikat rumah saja yang dibutuhkan bank sebagai jaminan. Dokumen penting lain seperti Izin Mendirikan Bangunan, bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, serta struk tagihan listrik dan air tidak diperlukan untuk jaminan. Anda bisa menanyakan ini kepada penjual.

MINTA PENJUAL MENYELESAIKAN HUTANGNYA

Sebagai calon pembeli, Anda berhak meminta penjual menyelesaikan kewajiban pembayaran utangnya kepada bank. Sehingga, sertifikat rumah dapat diambil sebelum dilaksanakannya transaksi jual beli rumah antara Anda dan pihak penjual.

OPER KREDIT LANGSUNG KE BANK

Cara lain yang jauh lebih aman adalah melakukan oper kredit langsung kepada bank terkait. Artinya, Anda mau membayar utang si penjual yang disaksikan sendiri oleh wakil pihak bank. Kondisi ini berlaku apabila status rumah yang dijual masih dalam masa kredit.

JAMINAN DP

Jika penjual meminta Anda melunasi uang muka rumah terlebih dahulu (sesuai kesepakatan), maka jangan lupa untuk menanyakan jaminannya. Dalam hal ini, si penjual harus menyerahkan suatu jaminan yang bisa dieksekusi langsung apabila pihak penjual melakukan cidera janji.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment