Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Kiat Menjaga Perabotan Berbahan Stainless Steel Kesayangan Anda

Kiat Menjaga Perabotan Berbahan Stainless Steel Kesayangan Anda

Urbanloka.com – Stainless steel adalah material yang cukup resisten terhadap karat dan korosi, bahan ini juga cukup mudah untuk dibersihkan. Kandungan kromium di dalam stainless steel biasanya bereaksi terhadap oksigen di udara dan membentuk lapisan pelindung. Lapisan ini mampu mencegah karat dan mengurangi resiko bercak-bercak permanen. Tak heran, stainless steel dipilih sebagai material yang ideal untuk home appliances, terutama kitchen appliances seperti kompor, tempat cuci piring, dan perlatan masak atau makan. Berikut ini beberapa kiat pintar, menjaga dan membersihkan Stainless Steel agar lebih awet, Urbaners:

Sumber Foto: Countryliving

Sumber Foto: Countryliving

Pertama-tama, jangan gunakan beberapa pembersih dengan bahan dan materi dibawah ini untuk mencegah kerusakan Stainless Steel:

  • JANGAN menggunakan pemutih klorin atau produk yang mengandung klorida.
  • JANGAN menggunakan pembersih oven.
  • JANGAN menggunakan wol baja, sikat baja yang dapat menyebabkan goresan atau meninggalkan residu partikel kecil dan mengakibatkan karat.

Meskipun ada banyak pantangan dalam membersihkan stainless steel, hanya beberapa langkah ini yang perlu Anda lakukan untuk menjaga Stainless Steel, check these out!:

  1. SABUN MANDI ATAU DETERGEN

Jika hanya noda atau kotoran biasa, stainless steel dapat dibersihkan dengan mengelap bagian yang kotor menggunakan air hangat. Lalu keringkan dengan kain berdaya serap tinggi, seperti microfiber. Bila noda tetap tak hilang, tambahkan detergen atau sabun mandi. Campur bahan tersebut dengan air hangat lalu bersihkan noda dengan spons. Gosok searah serat stainless steel agar tidak merusak permukaan perabotan. Setelah itu, kembali keringkan dengan kain microfiber.

2. PASTA GIGI

Anda juga bisa menggunakan pasta gigi untuk noda yang sudah berubah menjadi kerak air. Cukup oleskan pasta gigi lalu angkat kotoran dengan spons. Selain pasta gigi, cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan kerak noda air yang membandel. Tuangkan cuka pada air hangat lalu basahi spons dengan kedua larutan tersebut dan gosok permukaan yang memiliki kerak.

3. SEGERA BERSIHKAN

Segera bersihkan stainless steel ketika noda atau kerak air mulai bermunculan dengan lap basah, dan sabun setiap setelah selesai mencuci piring; bilas kain lap dengan air bersih dan lap lagi untuk menghilangkan sabun, kemudian keringkan.

4. RACIK SENDIRI

Untuk menghilangkan noda yang benar-benar sulit, buatlah adonan dari pasta dan baking soda yang dicampur dengan sabun cuci piring cair hingga merata, kemudian gosokan pada sikat gigi bekas. Setelahnya gosok lagi dengan cuka murni dengan lembut, dan keringkan dengan lap kering. Baca Juga: Bersihkan Noda Tinta pada Pakaian, Sofa, dan Jok Mobil Anda

Perawatan rutin membuat stainless steel lebih mudah dibersihkan, seka tumpahan makanan sesegera mungkin. Rendam selagi peralatan masak masih panas untuk melunakkan sisa-sisa makanan di dasarnya. Bilas perangkat stainless steel setelah dibersihkan dengan bahan kimia, dan Jaga perangkat selalu kering untuk mencegah bercak air kering.

Sumber: dari berbagai Sumber

Submit a Comment