Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Kiat Simpan Makanan Lebih Awet di Kulkas Ala Urbanloka

Kiat Simpan Makanan Lebih Awet di Kulkas Ala Urbanloka

Urbanloka.com – Pelajari cara untuk menyimpan makanan dengan baik untuk melawan limbah makanan yang tidak perlu di rumah. Anda punya kulkas dan freezer di rumah Anda, tetapi apakah Anda tahu bagaimana menggunakannya dengan benar? Ada beberapa trik agar kemasan makanan dapat bertahan lebih lama dan menghambat pertumbuhan bakteri Urbaners. Check it out!

Gunakan Kentang

Kentang berfungsi untuk menyerap bau busuk dari bahan makanan atau makanan olahan yang dimasukkan ke kulkas. Caranya, letakkan belahan kentang di beberapa titik di dalam kulkas Anda secara acak. Gantilah belahan kentang sebanyak tiga hari sekali dengan kentang yang segar.

Cara Menyimpan Telur

Berikutnya adalah cara menyimpan telur di dalam kulkas. Simpan telur dengan ujung yang kecil berada di bawah. Cara menyimpan tersebut akan memastikan bahwa kantung udara yang berada di atas tidak tertekan oleh berat telur, sehingga telur sehingga tak pecah. Karena, pecahnya kantung udara pada telut akan mempercepat proses pembusukan pada telur.

Pisahkan Mentimun dengan Tomat
Anda perlu memisahkan tomat dan mentimun ketika menyimpannya secara bersama-sama di dalam kulkas. Karena, tomat mengeluarkan gas yang dapat membuat mentimun lebih cepat membusuk. Sebaiknya, gunakan kertas atau koran sebagai alas, agar tomat dan mentimun selalu kering sehingga lebih awet di dalam kulkas.

Pisahkan Apel Dengan Buah Lainnya

Simpanlah apel secara terpisah dengan buah-buahan matang lainnya. Sama halnya dengan tomat, apel mengeluarkan gas tertentu yang dapat menyebabkan buah-buahan dan sayuran lebih cepat membusuk. Sebaliknya, simpan buah apel dengan buah yang terlalu matang berdekatan agar buah yang belum terlalu matang atau mengkal bisa cepat matang.

Rajinlah Membersihkan Kulkas

Anda harus memeriksa kulkas Anda secara berkala. Jangan tunggu sampai kotor parah! Ada baiknya Anda mulai rajin membersihkan kulkas sebelum banyak kotoran agar terjaga kebersihannya. Jangan sampai bahan makanan yang masih segar tercampur dengan bahan makanan yang telah membusuk karena terlalu lama berada dalam kulkas. Jika Anda menemukan bahan makanan yang telah membusuk, segera buang agar makanan lain tidak terkontaminasi. Pastikan tidak ada cairan menggenang dalam kulkas agar bahan makanan seperti buah dan sayur tidak cepat membusuk.

Gunakan Daun Salam

Daun salam memiliki khasiat untuk menjauhkan beras dari kutu. Caranya, masukkan daun salam dalam wadah beras. Daun salam mampu menjaga serangga menjauh dari bahan makanan Anda. Anda cukup menggantinya tiga bulan sekali.

Menyimpan Roti

Gunakan irisan kecil apel atau kentang mentah di dalam wadah tempat Anda menyimpan roti. Hal ini bertujuan agar roti lebih tahan lama dan segar.

Bungkus Aneka Daging dan Ikan

Cara agar daging segar, ikan dan unggas tetap awet adalah dengan cara tetap membungkusnya. Karena, melepas pembungkus dapat meningkatkan risiko terpapar bakteri. Pakailah piring sebagai alas, jika daging tak ada pembungkusnya saat membeli.

Cara menyimpan Produk Susu dan Olahannya

Untuk menyimpan susu, alangkah baiknya menggunakan botol plastik sebagai pembungkus daripada kardus karton. Mengapa? Karena bakteri lebih mudah tumbuh di kardus karton dari pada gelas plastik. Sedangkan untuk produk olahan susu seperti keju, yoghurt, krim asam, dan krim, biarkan tetap berada dalam kemasannya. Jika telah digunakan, jangan kembalikan ke wadah aslinya! Tapi, letakkan di mangkuk atau piring dengan bungkus plastik. Khusus untuk keju, bungkus menggunakan alumunium foil jika telah dikonsumsi.

Pisahkan Buah dan Sayuran

Sebaiknya Anda mulai memperhatikan bagaimana cara menata buah dan sayuran di toko buah atau swalayan. Buah dan sayuran dipisahkan. Buah dan sayuran mengeluarkan berbagai gas yang berbeda-beda. Misalnya, apel dicampur dengan apel. Sedangkan wortel dengan wortel. Jangan mencuci buah sebelum dimasukkan ke dalam kulkas karena dapat menyebabkan kelembapannya rusak sehingga cepat membusuk.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.