Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Klinik Dokter Gigi Portabel Unik yang Dapat Berpindah Kemanapun

Klinik Dokter Gigi Portabel Unik yang Dapat Berpindah Kemanapun

Urbanloka.com – LA berbasis Montalba Arsitek telah mengubah sebuah trailer standar menjadi klinik gigi, lengkap dengan dua kamar operasi. Klinik yang ditempatkan pada sebuah kontainer dengan panjang 26-kaki ini dapat di custom pada sebuah truk pickup. Yuk kita simak seperti apa detailnya berikut ini Urbaners.

Memiliki luas keseluruhan 230 kaki persegi atau (21 meter persegi), trailer berisi ruang sterilisasi, ruang tunggu, dan dua ruang operasi semi-swasta ini terdiri dari ruang peralatan gigi, dokter spesialis untuk memeriksa serta mengobati pasien.

“Kontainer Dokter ini dapat menangani berbahagai check up pada umumnya, termasuk pembersihan, tambal gigi dan whitening,” ungkap David Montalba, mitra pendiri firma arsitektur. American Institute of Architects mengumumkan pekan ini bahwa klinik gigi telah memenangkan 2015 National Healthcare Design Award, yang diberikan kepada proyek-proyek teladan dengan tren saat ini dan masa depan dalam desain kesehatan.

“Pada saat industri kesehatan tengah mengevaluasi ulang metode pengiriman, proyek ini menata kembali visi konsep trailer dengan inovasi desain baru ke dalam tipologi,” ungkap juri.

Montalba Arsitek ditunjuk sebagai perancang proyek oleh Studio Dental co-pendiri, Dr Sara Creighton dan mantan bankir investasi Lowell Caulder, yang didedikasikan khusus untuk menciptakan pengalaman berobat yang menyenangkan bagi pasien Klinik ini dimaksudkan untuk diparkir di luar perusahaan teknologi dan bisnis lain di kota.

“Pendorong utama untuk memobilisasi pengalaman kantor gigi harus dilakukan dengan efisiensi. Yakni, berapa lama waktu yang dibutuhkan rata-rata pasien untuk mengunjungi dokter,” ungkap Montalba Dezeen.

“Secara tradisional, antara mengemudi di sana dan kembali dan melihat dokter, perjalanan rata-rata ke dokter gigi bisa mengambil waktu hingga 3 jam dari hari kerja. Tantangan terbesar proyek ini adalah mengemas semua program yang diperlukan ke dalam satu ruang yang terbatas. “Sangat penting bahwa desain tidak hanya harus dibuat secara kreatif dan menarik, tapi juga fungsional,” ungkap Montalba.

“Kuncinya adalah untuk meningkatkan mobilitas dan fungsionalitas dari trailer sementara juga merancang sebuah kantor yang tidak terasa seperti itu roda.” Tim desain panel millwork kemudian membuat partisi ruang interior dengan tinggi 11-kaki dan mengembangkan pola berlubang untuk menambahkan pola visual pada permukaan.

Warna putih pada interiornya dimaksudkan untuk menciptakan suasana yang sederhana namun juga nyaman dan merilekskan pasien. Pengunjung masuk melalui pintu di sisi trailer. Sebuah dinding dengan bangku tertanam memisahkan ruang tunggu dari ruang sterilisasi di balik itu. “Pasien akan disambut oleh administrator ‘virtual’ melalui iPad” ungkap Montalba.

“Setelah pengobatan selesai, semua informasi hasil konsultasi mereka akan dikirimkan melalu email”. Alih-alih memasukkan jendela ke dalam ruang, tim desain menempatkan skylight terpahat di atas kursi operasi. “Daripada membuka panel samping dengan pemandangan eksterior yang tidak menarik, seperti tempat parkir maka kontainer ini membuka bagian atasnya sebagai bukaan cahaya alami ke setiap sudut ruang.

“Cermin sendiri ditempatkan secara strategis di sudut-sudut operatories visual yang kemudian akan memperluas ruang sekaligus sebagai pemantul cahaya alami,” Untuk memaksimalkan penyerapan suara, terpasang busa peredam suara pada dinding dan langit-langit studio. Proyek ini menandai kolaborasi kedua antara Montalba Arsitek dan Studio Gigi. Pada tahun 2010, arsitek merancang kantor gigi pertama memanfaatkan ruang batu bata-dan-mortir di San Francisco.

Montalba Arsitek didirikan pada tahun 2004 oleh David Montalba, yang memegang gelar dari SCI-Arc dan University of California – Los Angeles (UCLA). portofolio termasuk rumah keluarga tunggal, restoran, toko-toko mewah dan bangunan serba guna.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.