Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Kompor Gas VS Induksi Mana yang Lebih Hemat?

Kompor Gas VS Induksi Mana yang Lebih Hemat?

Urbanloka.com – Kali ini urbanloka akan membandingkan Antara LPG dan Induksi, mana sebenarnya yang lebih hemat dalam hal penggunaan. Analisis sederhana yang sangat berguna, khususnya bagi Anda yang sudah berumah tangga. Karena hal ini akan berpengaruh pada pengeluaran bulanan. Dengan menggunakan rasio perbandingan lama rentang gas dan induksi ketika memasak makanan, berikut ini adalah hasil analisanya Urbaners, Check these out!

Sumber: The Kitchn

Sumber: The Kitchn

Salah satu perbedaan mencolok kompor induksi dengan kompor lain adalah tidak adanya api dalam proses memasak. Secara garis besar kompor induksi adalah kompor yang bekerja akibat efek induksi arus listrik yang melewati kumparan di dalam kompor tersebut. Sama seperti kompor listrik biasa, kompor induksi juga menggunakan energi listrik. Kompor listrik biasa menggunakan filamen untuk menghasilkan panas, sedangkan kompor induksi menggunakan alat masak itu sendiri (panci atau kuali) untuk menghasilkan panas. Baca Juga: Filtering Air Bersih Portable Bagi Para Petualang

Kenapa memilih kompor induksi ?

  • Selama pemakaian, permukaan tidak sepanas kompor biasa, sehingga mengurangi resiko luka bakar yang tidak di sengaja
  • Permukaan cocok untuk segala alat masak, disarankan teflon dan panci rantang
  • Bobotnya hanya 3 kg, sehingga sangat mudah dipindahkan kemana-mana.
  • Dan, yang terpenting, tidak ada resiko meledak atau kebakaran karena kebocoran gas elpiji, dikarenakan menggunakan sistem induksi untuk menghasilkan panas, sehingga pemakaian kompor induksi jauh lebih aman ketimbang kompor gas.
Sumber Foto: homeenergypros

Sumber Foto: homeenergypros

Berbagai gas dengan 7.000 BTU: menghabiskan waktu 8 menit 30 detik, dan memakan 992 BTU energi pemanas untuk merebus 1 liter air dalam derajat °F. Sementara Induksi kompor: dengan suhu dan kuantitas air yang sama, menghabiskan 1.300 watt (4436 BTU) dan mengambil waktu 5 menit 50 detik ketika merebus. Total konsumsi listrik adalah 0,126 kilowatt-jam listrik, setara dengan 430 BTU energi pemanas.

Jika ada cara yang efisien maka energi yang dibutuhkan untuk merebus satu liter air,  adalah sekitar 317 BTU. Kompor induksi rasanya memang 74% lebih efisien dari kompor biasa, karena dapat menghemat lebih dari 57% energi. Karenanya Efisiensi dan kecepatan adalah pertimbangan terbaik, untuk menggunakan kompor induksi sebagai alat memasak sehari-hari.

Sumber Foto: homeenergypros

Sumber Foto: homeenergypros

Sumber: dari berbagai Sumber

Submit a Comment