Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mana yang Lebih Baik, Menyewa atau Membeli Properti?

Mana yang Lebih Baik, Menyewa atau Membeli Properti?

Urbanloka.com – Apakah anda tahu kalau mayoritas orang Indonesia adalah pemilik rumah Survey melaporkan bahwa 67% dari orang indonesia memilliki hak milik terhadap rumahnya, diiringi dengan 27% saja yang masih membayar cicilan rumahnya. Namun Mana yang lebih baik menyewa atau membeli properti, pertanyaan ini seringkali muncul di benak Anda. Berikut ini beberapa yang dapat menjadi pertimbangan Anda Urbaners!

sketchy-neighborhood-with-speech-bubbles_23-2147511484

  1. BIAYA AWAL

Persiapkan dana awal ketika berniat untuk membeli properti. Misalnya DP rumah sebesar 30% dari harga rumah, yang kemudian dapat diringankan dengan KPR. Sementara untuk menyewa, Anda hanya butuh 3 bulan harga sewa. Lihat lagi kondisi keuangan Anda, mana yang paling memungkinkan.

2. PERHATIKAN KEBUTUHAN

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat kebutuhan Anda saat ini. Jika Anda hidup seorang diri atau sebagai pasangan tentunya tidak masalah jika menyewa sebuah rumah. Namun jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak terutama lebih dari satu, sebaiknya mulai memilikirkan untuk membeli properti.

3. BIAYA PER TAHUN

Biaya hipotek, ditambah bunga, pajak, asuransi dan, biaya asosiasi pemilik rumah sebagai biaya tahunan yang harus Anda bayar ketika memutuskan membeli rumah. Hitung ulang keuangan Anda, Berapa kisaran pendapatan yang Anda miliki setiap bulan. Dan lihat mana yang paling mungkin Anda realisasikan. Membeli rumah atau menyewanya.

4. PAHAMI CARA MEMBELI RUMAH

Jika Anda ingin membeli rumah ada 2 cara yaitu menggunakan kredit dari KPR atau menggunakan bantuan dari pemerintah. Semua itu kembali tergantung dari berapa pendapatan yang Anda dapatkan setiap bulan. Jika Anda mempunyai pendapatan lebih dari 3 juta per bulan, maka Anda dapat mengajukan permohonan KPR pada pihak bank. Namun jika Anda mempunyai pendapatan kurang dari 3 juta per bulan, sebaiknya mengajukan kredit perumahan dengan bantuan dari pemerintah.

5. PERBANDINGAN RASIO

Temukan dua pilihan rumah di lingkungan menarik yang satu dijual dan satunya disewakan. Bagi harga jual rumah dengan harga sewa tahunan serta sewa properti. Rasio normal adalah antara 10 dan 14. Jika rasio lebih tinggi dari itu, berarti menyewa adalah pilihan terbaik.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Penting ini Sebelum Lelang Properti

Sumber: *dari berbagai sumber

Submit a Comment