Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mau Menggunakan Bata pada Hunian Ketahui Dulu Kekurangannya Urbaners

Mau Menggunakan Bata pada Hunian Ketahui Dulu Kekurangannya Urbaners

Urbanloka.com – Bata tengah menjadi tren dewasa ini, membuat hunian lebih terkesan industrial dan berkarakter. Bata ekspos memang cocok digunakan pada rumah dengan gaya industrial, rustic, maupun skandinavia. Namun ada beberapa kekurangannya yang juga perlu Anda ketahui Urbaners. Check it out!

MUSIMAN

Layaknya dunia fashion, interior rumah pun ada trennya. Jika tren itu sudah lewat, tentunya Anda sendiri juga tak lagi sesemangat dulu saat melihatnya. Bisa saja gaya industrial tak lagi tren tahun depan, sementara Anda termasuk orang yang senang mengikuti perkembangan tren.

TAK BISA FULL COLOR

Bata ekspos biasanya kurang dapat divariasikan dekorasinya selain permainan warna. Jika ingin menampilkan suasana country, bata bisa dicat menggunakan warna putih. Namun jika ingin menampilkan kesan industrial, bata bisa dicat menggunakan warna merah. Selain itu, bila ingin menunjukkan suasana homey dan alami, bata dicat dengan menggunakan warna bata sesungguhnya. Namun, Anda tak bisa mengubah warnanya sesuka Anda mengubah warna cat dinding.

PERHATIKAN AKSESORINYA

Aksesori atau hiasan dinding yang ingin Anda pajang di dinding bata ekspos tentu tak sebanyak aksesori yang bisa Anda gunakan untuk dinding biasa. Anda harus menyesuaikannya dengan dekorasi rumah sekaligus warna dinding bata.

MUDAH LEMBAB

Akibat iklim tropis dan tingginya kelembapan udara, dinding yang menggunakan bata ekspos akan mudah lembap dan berjamur. Jika dibiarkan, jamurnya akan cepat menyebar dan merusak warna alaminya serta menimbulkan bau tak sedap. Untuk mengatasinya, Anda bisa tambahkan coating. Selain melindungi bata, coating akan membuat warna bata lebih cerah, mengilap, dan tak menimbulkan jamur.

PEMASANGAN LAMA

Karena terekspos, jika pemasangannya tidak rapi, batu bata ekspos akan terlihat dan merusak dekorasi di ruangan tersebut. Untuk itu, jika Anda memang menginginkan rumah yang dapat ditempati dengan cepat, sebaiknya Anda tidak menggunakan dinding bata ekspos karena membutuhkan ketelitian saat finishing-nya.

Bata ekspos tak harus diaplikasikan pada seluruh ruangan. Anda bisa mengaplikasikannya pada satu sisi dinding saja, untuk menjadi focal point. Biasanya, bata ekspos digunakan di dinding ruang tengah menghadap sofa. Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.