Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Menarik! Sensasi Sauna Kayu dengan Pemandangan Laut Lepas di Finlandia

Menarik! Sensasi Sauna Kayu dengan Pemandangan Laut Lepas di Finlandia

Urbanloka.com – Finlandia, negara dengan musim dingin sepanjang tahun, untuk menyiasati iklim ekstrim ini kemudian, mereka membangun sauna-sauna hampir ditiap sudut perkotaan. Salah satunya, ialah sauna unik bernama the Lonna, yang dirancang oleh OOPEAA. Pensaran seperti apa? yuk kita sdetailn berikut ini Urbaners.

Pada Majalah Arsitek, Ayda Ayoubi menuliskan, tentang bagaimana sauna umum, kini telah menjadi sesuatu yang semakin langka. Namun the Lonna berbeda dari sauna kebanyakan. Kantor arsitektur Finlandia OOPEAA mendesain sauna ini bergaya log kabin di kepulauan Helsinki yang diatapi seng dan dilengkapi dengan jendela atap.

Sauna sendiri terletak di pulau Lonna, yang sebelumnya diduduki oleh militer dan berada dekat pulau Suomenlinna- Situs Warisan Dunia yang populer di kalangan wisatawan ini menyimpan banyak nilai sejarah didalamnya, juga menawarkan kenyamanan bersantai dan menikmati alam, karena dikelilingi laut disekitar. Dapat dicapai hanya dengan melalui perjalanan singkat menggunakan kapal dari kota.

Enam bangunan yang terdaftar sebagai warisan yang dibangun pada abad ke-19 selama periode pemerintahan Rusia menempati sebagian besar pulau. Beberapa di antaranya baru-baru ini diubah untuk menyediakan kafe, restoran dan tempat acara, dengan sauna ditambahkan di ujung tenggara.

Bangunan seluas 190 meter persegi itu memiliki atap berpilar asimetris yang dilapisi piring seng dan merujuk pada bangunan berstruktur militer disekitarnya.

Bahan yang digunakan dalam konstruksi sauna meliputi balok kayu bata dan balok kasar. Dinding kayu dibangun menggunakan teknik tukang kayu tradisional. Sauna dilengkapi dengan tungku pembakaran kayu, menciptakan perasaan tenang dan sakral dari sauna tradisional di Finlandia.

Teras kayu yang bersisian langsung dengan pantai dapat diakses dari lorong terbuka yang membentang dari depan ke belakang bangunan. Mengubah area dengan keranjang anyaman untuk menyimpan pakaian pada bagian belakang area sauna, dengan kamar mandi terletak dilantai bawah. Berikut dibawah ini detail interiornya dari berbagai sudut Urbaners.

  

 

 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment