Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mengenal Diet Plant Based, dan Cara Menjalaninnya Urbaners!

Mengenal Diet Plant Based, dan Cara Menjalaninnya Urbaners!

Urbanloka.com – Pernahkah Anda mendengar tentang plant based diet? Diet yang mengutamakan asupan makanan yang berasal dari tanaman. Dalam diet ini, hampir lebih dari 50-70% porsi makanan yang kita konsumsi berasal dari tanaman. Hal ini telah terbukti mampu mendukung kesehatan tubuh dan sesuai dengan kebutuhan harian tubuh yang sebenarnya. Lalu, bagaimana cara menerapkan plant based diet?

KARBOHIDRAT

Karbohidrat utuh dari tanaman, didapat dari roti gandum, sereal utuh, beras, jagung dan umbu-umbian sebagai sumber karbohidrat harian. Makanan berkarbohidrat ini akan lebih kaya serat dan rendah penggunaan bahan tambahan pangan.

PERBANYAK BUAH & SAYUR

Jika biasanya Anda paling banyak mengonsumsi sayur dan buah adalah 5 porsi dalam sehari, maka dalam plant based diet Konsumi buah dan sayut hingga 6-7 porsi dalam sehari, agar asupan gizi dan vitamin dari makanan non tanaman bisa tergantikan dari gizi pada buah dan sayur. Perlu diingat, satu porsi buah atau sayur setara dengan 5-6 sendok besar sayur berdaun yang direbus, atau satu buah apel ukuran sedang atau besar.

UTAMAKAN PROTEIN DARI NABATI

Sumber protein diutamakan dari makanan nabati, yaitu kacang-kacangan. Anda bisa memilih kacang kedelai, kacang almong, kacang edamame, kacang merah, tempe, tahu, atau selai kacang untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

MINYAK NABATI

Sama seperti protein, usahakan menggunakan minyak dari nabati seperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari atau minyak biji rami. Agar tak berlebihan batasi penggunaannya paling banyak 5 sendok makan dalam sehari, ya.

Demikian info, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.