Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mengintip 4 Hunian Eksentrik Jepang yang Mirip dengan Bunker

Mengintip 4 Hunian Eksentrik Jepang yang Mirip dengan Bunker

Urbanloka.com – Bangunan di Jepang terkenal unik dan eksentrik, salah satunya adalah rumah berbentuk bunker. Meskipun privasi tetap menjadi perhatian utama pemilik rumah demi kenyamanan. Intip uniknya rumah mirip bunker di Jepang berikut ini Urbaners!

KAMIUMA HOUSE

Dirancang oleh Chop+Archi. Bentuknya menyerupai segitiga yang disesuaikan dengan ruangan kosong yang ada di sudut jalan bangsal Setagaya Tokyo. Berada di lingkungan padat. Pemiliknya meminta arsitek membuat hunian yang mengedepankan unsur privasi, sekaligus tetap mendapatkan suplai cahaya matahari. Arsitek kemudian membuat tiga ruang kosong di setiap sudut bangunan. Ruangan tersebut difungsikan sebagai penghubung antara eksterior dan interior.

HOUSE IN TOYONAKA

Osaka sebagai salah satu kota padat di Jepang. Studio FujiwaraMuro Architects mendesain sebuah hunian yang sangat menjaga privasi. Rumah ini terdiri atas tiga kotak beton berbentuk L. Setiap kotak memiliki celah sempit yang berfungsi menyuplai udara dan cahaya ke dalam bangunan. Setiap bagian bangunan memiliki fungsi berbeda. Bagian dasar difungsikan sebagai pintu masuk dan garasi. Sedangkan, ruang tamu utama berada di lantai dua yang dihubungkan tangga.

OKINAWA HOUSE

Rumah bunker di Okinawa House berada di lokasi yang tidak padat penduduk, atau tepatnya di tepi pantai. Arsitektur John Pawson tetap membuat sebuah bangunan fasad putih tanpa jendela. Ruangan terbuka hanya dibuat di bagian belakang rumah. Hunian ini terdiri atas tiga blok dengan fungsi terpisah. Garasi dan ruang tamu berada di satu blok yang sama. Sementara ruang tidur ada di blok ke dua. Sementara, blok terakhir difungsikan sebagai teras beratap yang menghadap ke laut.

LITLLE HOUSE BIG TERRACE

Rumah yang berada di Tokyo ini sangat aneh. Sebab, hanya tampak seperti kotak beton putih jika dilihat dari luar. Rancangan Takuro Yamaoto Architects sengaja merancang jendela menghadap ruang kosong. Pada bagian ujung ruang kosong tersebut kemudian difungsikan sebagai teras yang ditutupi dinding.

Menarik sekali ya Urbaners, tertarik menerapkan yang mana pada hunian Anda?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.