Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mengintip Artistiknya Hunian Kayu Rancangan Yanuar Firdaus di Bandung

Mengintip Artistiknya Hunian Kayu Rancangan Yanuar Firdaus di Bandung

Urbanloka.com – Mari mengintip betapa artistiknya hunian kayu rancangan Yanuar Firdaus di Bandung ini Urbaners, yang dapat Anda terapkan pada hunian Anda.

Berawal dari rencananya untuk merenovasi rumah nenek, namun tak diduga, ditemukan ditemukan struktur kayu yang masih dalam keadaan sangat baik saat pembongkaran.

Diketahui kemudian, kayu tersebut bukan kayu biasa, melainkan kayu Albasia yang dahulunya diawetkan di kampung halaman Ciamis sebelum dibawa ke kota Bandung.

Kayu Albasia atau dikenal Sengon, dikenal sebagai kayu yang cepat tumbuh dan ekonomis, namun jarang dimanfaatkan karena memiliki grade kayu yang rendah berkisar di VI-V.

Kayu yang dikubur di dalam tanah sawah setelah musim panen, bukan hanya mengisi kantung pori-pori kayu yang rapuh menjadi kuat. Tetapi juga melekatkan dua substansi bumi, menjadi satu kesatuan dengan massa jenis berbeda namun menguatkan satu sama lain.

Dari terkubur menjadi terstruktur. Proses pengolahan kayu purba ini merupakan sebuah warisan emas untuk dunia dari nusantara. Kearifan lokal leluhur telah mengubah yang cepat tumbuh namun rapuh, menjadi penuh nilai dan daya guna.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.