Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mengintip Desain Kontemporer Institute for Contemporary Art

Mengintip Desain Kontemporer Institute for Contemporary Art

Urbanloka.com – Arsitek Steven Holl membangun sebuah tempat pameran dan pusat pertunjukan untuk Virginia Commonwealth University, yang kemudian diabadikan oleh fotografer Belanda bernama Iwan Baan. Oxford Holl Architects yang berbasis di New York ini merancang Institute for Contemporary Art (ICA) yang menyediakan universitas ini ruang kelas, galeri dan fasilitas outdoor terbaik bagi program teater, musik dan tariannya.


Bangunan sendiri terdiri dari serangkaian blok berbentuk tidak teratur dengan Panel kaca tembus pandang yang menawarkan pemandangan buram – mirip dengan Pusat Maggie yang direnovasi baru-baru ini.

Terdiri dari berbagai fasilitas kreatif di kampus, termasuk diantaranya Museum Seni Rupa, Museum Ilmu Pengetahuan, Virginia Opera, Virginia Repertory Theatre, Richmond Ballet dan the Richmond Symphony.

ICA terletak di persimpangan jalan di sepanjang Richmond’s Broad Street. Rangkaian volume bangunan diperlengkapi untuk membentuk dua pintu masuk yang menghadap kota dan kampus.

Sepasang balok berbentuk tidak beraturan, termasuk yang hampir membentuk segitiga, depan bangunan. Sementara itu, dua tumpukan garpu persegi panjang terbuka di sisi kampus, membingkai taman pahatan dan kolam renang, yang digambarkan oleh Holl sebagai “Bidang Pemikiran” .

Meskipun secara eksternal bangunan itu terasa seperti volume terpisah, ruang digabungkan bersama-sama pada bagian dalamnya. Atrium setinggi dua kali dibungkus dengan langit-langit putih melengkung organik. Terletak di tengah bangunan, bangunan ini menghubungkan tiga lantai galeri, namun juga dapat digunakan sebagai ruang pameran untuk lebih banyak karya seni.

“Kami merancang ICA untuk menjadi instrumen fleksibel dan berpandangan ke depan yang keduanya akan menerangi dan berfungsi sebagai katalisator bagi kemungkinan transformatif dari seni kontemporer,” ungkap Steven Holl.

Steven Holl sendiri melengkapi Pusat Maggie di samping rumah sakit tertua di Inggris ini.
Seperti banyak seniman kontemporer yang bekerja hari ini, desain ICA tidak menarik perbedaan antara seni visual dan pertunjukan, “lanjutnya.

“Fleksibilitas desain memungkinkan eksperimen yang akan mendorong cara baru untuk menampilkan dan menyajikan seni yang akan memanfaatkan kecerdikan dan kreativitas dengan jelas di seluruh kampus VCU.”

Foyer pintu masuk di arahkan langsung menuju bar dan kafe, juga galeri pada lantai dasar. Pada tingkat ini juga terdapat auditorium dengan 240 tempat duduk untuk pemutaran film, pertunjukan dan seminar

Galeri setinggi 33 kaki (10 meter) terletak di puncak blok tertinggi, bersama dengan suite administrasi dan ruang rapat. Bangunan ini juga memiliki ruang bawah tanah, termasuk fasilitas untuk penyimpanan dan persiapan seni, sebuah fabrikasi bengkel, ruang hijau, dapur katering, dan tempat penyimpanan umum.

Holl juga membuat bangunan ini sangat ramah lingkungan dan lestari. Empat atap hijau di atas blok galeri, ditanami dengan oat kayu asli, bluestem kecil, sedimen Pennsylvania dan goldenrod. Ini dimaksudkan untuk menyerap stormwater dan meningkatkan isolasi.

Jendela dan skylight ditempatkan secara strategis untuk memastikan ruang menerima banyak cahaya alami, mengurangi kebutuhan pencahayaan buatan.

Fitur lainnya termasuk sumber energi panas bumi yang mendukung sistem pemanas dan pendinginan, dan dinding rongga yang dirancang untuk menahan panas di musim dingin dan memberikan pendinginan pada musim panas.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.