Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mengintip Hotel Terbaik Dunia, yang Ada di Indonesia!

Mengintip Hotel Terbaik Dunia, yang Ada di Indonesia!

Urbanloka.com – Prestasi membanggakan diraih oleh Nihiwatu Resorts di Sumba yang mendapat predikat hotel terbaik dunia 2016. Ayo kita kenal Nihiwatu lebih jauh. Majalah travel internasional Travel+Leisure belum lama menganugerahkan predikat hotel terbaik dunia tahun 2016 pada Nihiwatu Resorts di Sumba, NTT, Indonesia. Walau terpencil dan tak banyak diketahui, hotel berstandar internasional itu punya banyak kelebihan yang membuatnya layak menjadi juara.

Nihiwatu pertama kali didirikan oleh Claude Graves yang lahir di Jerman beserta istrinya pada tahun 1988. Pad awalnya, mereka pergi ke Sumba untuk mencari lokasi surfing dan dibuat jatuh cinta akan keindahan pantainya.

Mereka pun kemudian berinteraksi dan bersahabat dengan para masyarakat lokal Sumba hingga membuat sebuah resort yang kini bernama Nihiwatu. Namun pada tahun 2012, Claude menjual resortnya tersebut pada enterpreneur AS, Christopher Burch yang kini mengelola resortnya bersama Managing Partner James McBride yang memiliki pengalaman di bidang panjang di bidang perhotelan.

Walau dikelola oleh pihak asing, nyatanya Nihiwatu Resorts sangat mendukung kearifan lokal yang ada di Sumba. Salah satu buktinya dapat dilihat dari mayoritas pekerja yang 90%-nya adalah warga lokal Sumba. Jumlahnya bahkan mencapai 400 orang.

Konsep Ecotourism atau ramah lingkungan adalah apa yang diusung oleh Nihiwatu Resorts. Selain membangun resort yang ramah lingkungan, Nihiwatu juga menerapkan harmoni antara hotel dengan masyarakat asli dan budaya Sumba.

Sedangkan untuk kamar, Nihiwatu Resorts punya konsep villa yang berbeda satu sama lain. Ada Villa Kanatar, Lulu Amahu, Lamba, Marangga, Kasambi, Wamoro, Lantoro, Puncak, Rumah Pohon Mamole dan Raja Mendaka yang paling mahal.

Setiap vila itu pun dilengkapi berbagai fasilitas dan keunikan berbeda. Secara keseluruhan, terdapat total 33 villa yang dapat diinapi oleh tamu di Nihiwatu. Harga setiap villa pun bervariasi satu sama lain.

Layaknya hotel berstandar internasional, ada banyak aktivitas menarik di Nihiwatu yang tak dapat ditemui di tempat lain. Mengapa? Karena ada unsur budaya masyarakat serta khas Sumba yang tentunya hanya dapat dijumpai di Nihiwatu. Contohnya seperti trekking ke sejumlah destinasi indah Sumba, safari, berkuda layaknya prajurit Sumba, memasak makanan lokal, hingga keliling pasar tradisional Waikabubak.

Bagi Anda yang menggemari olahraga air, juga bisa melakukan aktivitas paddle board, surfing, jet ski hingga scuba diving. Untuk informasi, Pantai Nihiwatu hanya berjarak 2,5 km saja dari hotel.

Untuk harga villa yang paling murah saat low season, range harganya sekitar USD 650 atau sekitar Rp 8,4 juta per orang. Sedangkan yang paling mahal adalah villa Raja Mendaka yang bisa mencapai USD 12 ribu atau sekitar Rp 156 juta per orang. Luar biasa! 

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.