Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mengintip Hunian Mungil dengan Ukuran 45 Meter Rancangan Dua Studio

Mengintip Hunian Mungil dengan Ukuran 45 Meter Rancangan Dua Studio

Urbanloka.com – Mendesain hunian dengan luas yang terbatas tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para arsitek, mulai dair pembagian ruang hingga mensiasati bagaimana rumah tetap mendapat sirkulasi udara yang cukup serta pencahayaan yang baik.

Namun hal ini bukan masakah untuk Ardy Hartono Kurniawan, arsitek dari Dua Studio, yang memecahkan persoalan ini dengan cara yang berbeda.

Alih-alih memisahkan dengan sekat, rumah yang berlokasi di Bandung ini, dibiarkan terbuka tanpa adanya pemisah apapun.

Pembagian Ruang-ruang di dalam rumah disiasati dengan menggunakan strategi split level sebagai solusi pemisah antara ruang privat dan ruang publik.

Dengan luas hanya 45 m2 ini, sang arsitek kemudian merancang dua mezanin dengan level atau ketinggian yang berbeda, yakni 3,5 meter dan 2,45 meter. Dengan demikian, rumah yang diberi tema 4x6x6 house ini seperti memiliki 3 lantai yang berbeda Urbaners.

Lantai pertama digunakan sebagai ruang keluarga yang menjadi satu dengan ruang tamu, ruang makan, dapur, serta kamar mandi. Pada mezanin pertama, area ini dimanfaatkan sebagai ruang kerja. Sementara lantai paling atas, merupakan area tidur dari pemilik rumah.

Konsep split level yang didesain oleh Dua Studio juga sejalan dengan karakter dari penghuni rumah, yakni milenial dengan usia di bawah 30 tahun.

Selain pembagian ruang, solusi pencahayaan serta sirkulasi udara juga direalisasikan dengan memisahkan dinding rumah dari dinding tetangga. Setiap bukaan rumah kemduian dirancang dari empat sisi dinding. Membuat rumah selain lebih terang, sirkulasi udaranya pun menjadi lebih lancar Urbaners! Menarik ya, tertarik menerapkannya pada hunian Anda?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.