Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mengintip Uniknya 5 Masjid Bersejarah di Dunia Berikut Ini

Mengintip Uniknya 5 Masjid Bersejarah di Dunia Berikut Ini

Urbanloka.com – Setelah melewati waktu lebaran, yuk intip masjid-masjid unik dan bersejarah di berbagai belahan dunia berikut ini. Apa sajakah itu?

EDUCATION CITY MOSQUE, QATAR

Dengan desain yang sangat modern dan futuristik, dengan banyak makna filosofis yang terkandung di balik desainnya seperti keberadaan lima kolom raksasa yang melambangkan lima pilar dalam ajaran Islam, dan empat aliran air dari kebun-kebun di sekitarnya yang melambangkan anggur, susu, madu, dan air. Brada di kompleks Education City dalam Ar Rayyan di Qatar.

MASJID MUHAMMAD CHENG HO, SURABAYA

Desain masjid unik selanjutnya ada di Indonesia, tepatnya di kota Surabaya. Berbeda dari arsitektur Islam pada umumnya, Masjid Muhammad Cheng Ho ini sekilas lebih mirip terlihat seperti kuil dibandingkan sebuah masjid. Pengaruh budaya Tionghoa dan Jawa terpancar melalui desain masjid yang tak lepas dari kisah sejarah perjalanan Laksamana Cheng-Ho, seorang Laksamana asal Tiongkok yang memeluk ajaran Islam saat mengunjungi nusantara ini.

THE GREAT MOSQUE OF DJENNE, MALI

Berlokasi di Mali, masjid unik ini terlihat seperti benteng dengan pancang kayu yang ditancapkan pada sisi-sisinya. Lebih dikenal sebagai mud mosque. Masjid unik ini terbuat dari ferey, batu bata tradisional yang dipanggang di bawah sinar matahari, semen yang terbuat dari pasir dan tanah liat serta material tradisional lainnya, desain masjid yang telah ada sejak abad ke-13 ini dianggap sebagai salah satu pencapaian arsitektur terbesar dari arsitektur Sudano-Sahelian.

ISLAMIC CENTER RIJEKA, KROASIA

Kubah memang merupakan salah satu ciri khas dari masjid. Namun, Islamic Center Rijeka yang berada di Kroasia ini berbentuk seperti kubah sepenuhnya. Dengan dominasi warna keperakan, desain masjid yang menghadap ke Laut Adriatik ini sekilas terlihat seperti pesawat luar angkasa yang sangat modern, terutama karena menerapkan gaya desain futuristik.

MOHAMMED NASSER EL SABAH MOSQUE, KUWAIT

Dibangun pada 1981 di Kuwait, Masjid Mohammed Nasser el Sabah berbentuk seperti piramida. Dikenal sebagai pyramid mosque, masjid ini berundak-undak mengerucut pada bagian puncak. Tak hanya sebagai tempat ibadah, di dalam desain masjid ini juga terdapat sebuah perpustakaan dan juga pusat riset Islam.

Sudah mengunjungi masjid yang mana diantara 5 masjid diatas Urbaners?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.