Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

OPOD Tube Housing: Uniknya Tiny House dalam Gorong-gorong Rancangan James Law

OPOD Tube Housing: Uniknya Tiny House dalam Gorong-gorong Rancangan James Law

Urbanloka.com – Menarik! Hunian mikro dalam pipa air beton yang difungsikan sebaga rumah bagi para tunawisma nih Urbaners. Yuk kita simak lebih dekatnya berikut ini.

OPOD Tube Housing adalah sebuah konsep yang dirancang oleh studio Hong Kong, James Law Cybertecture, untuk mengubah pipa air beton sepanjang 2,5 meter menjadi ruang hidup sementara, dengan fasilitas yang nyaman untuk beristirahat layaknya hunian pada umumnya.

Idenya adalah mengubah struktur tubular yang dapat dengan mudah dipindahkan menggunakan crane, kemudian menumpuk kesemuanya satu sama lain di ruang yang tidak terpakai antara bangunan kota.

Untuk membuktikan konsepnya, studio arsitektur kemudian membangun prototipe yang menunjukkan bagaimana tampilan rumah yang khas. Panel depan kaca berfungsi sebagai pintu dan jendela, memungkinkan cahaya alami masuk ke ruang angkasa, dan penghuni mendapatkan akses menggunakan sistem penguncian yang dapat dioperasikan hanya dengan menggunakan smartphone.

Bangunan ini sendiri sengaja di rancang untuk menampung populasi tunawisma di New York.  Pendirinya James Law percaya konsep ini dapat meringankan krisis perumahan di kota-kota seperti Hong Kong, yang baru-baru ini digolongkan sebagai pasar perumahan paling tidak terjangkau di dunia. Sungguh sangat menarik bukan Urbaners? Lebih lengkapnya pada video dibawah ini

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.