Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Bank Pertama dalam Pengajuan KPR-mu

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Bank Pertama dalam Pengajuan KPR-mu

Urbanloka.com –  Ada banyak cara yang dapat Anda pilih ketika memutuskan akan membeli rumah sendiri. Karena Rumah bukan saja sekadar kebutuhan primer tetap juga telah menjadi instrumen investasi yang menguntungkan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda upayakan untuk memiliki rumah, Anda dapat membangunnya sendiri, membelinya secara tunai ataupun dengan skema KPR.

PASTIKAN KREDIBILITAS BANK

Sebelum mengajukan KPR, kenali dulu bank yang akan Anda tuju. Calon debitur harus mencari tahu kondisi bank yang akan dijadikan tempat pengajuan KPR, apakah cukup tepercaya atau tidak Hal yang paling gampang dalam memilih bank adalah kenali reputasi bank tersebut. Hal ini semata-mata demi kenyamanan, keamanan, sekaligus kepastian dalam permohonan pinjaman.

PERHATIKAN BUNGA PINJAMAN

Perhatikan bunga pinjaman. Ketika Anda meminjam dana ke bank, bunga sangat berperan penting dalam jumlah angsuran yang harus di bayarkan/bulannya. Setiap bank menentukan besarnya bunga pinjaman yang berbeda-beda. Bunga yang paling rendah, otomatis memberikan keuntungan yang lebih baik. Keuntungan bunga rendah adalah nilai angsuran semakin ringan, membantu dalam mengatur keuangan, dan meringankan beban finansial. Namun, jika menemukan suku bunga rendah, jangan langsung tergoda, ketahui caranya menghitung suku bunga berikut ini:

  • Minta simulasi tabel cicilan dari besar cicilan bulanan dan sistem suku bunga yang digunakan bank tersebut.
  • Perhatikan jangka waktu kredit. Poin ini juga harus dipertimbangkan ketika memilih bank untuk mengajukan KPR.
  • Bank kerap memberikan jangka waktu pinjaman yang bervariasi. Pilih jangka waktu kredit terbaik yang mampu Anda bayarkan.
  • Jangka waktu maksimal biasanya adalah 15 tahun. Ketika Anda mengajukan KPR dan memilih jangka waktu yang lebih cepat dinilai lebih baik karena beban bunga yang harus ditanggung bisa menjadi lebih ringan.
  • Sebaliknya hindari memilih jangka waktu yang lebih lama. Walaupun besarnya angsuran menjadi lebih kecil, beban bunga semakin besar. Hal itu merupakan skema yang sudah ditentukan bank. Jadi, langkah yang paling bijak adalah mengambil KPR dengan memilih jangka waktu terpendek agar tak terbebani dengan bunga.

TIPS PENGAJUAN KPR

Dalam mengajukan KPR, jangan hanya fokus pada besaran dana yang akan didapatkan. Ini yang sering luput oleh para calon debitur. Pada KPR ada beberapa jenis biaya yang harus diketahui, biaya ini nantinya dibebankan kepada calon debitur.

Secara umum, biaya KPR terdiri atas uang muka pembayaran rumah, biaya notaris dan pengurusan sertifikat dan surat-surat, biaya provisi dan administrasi, biaya premi asuransi kebakaran dan biaya premi asuransi jiwa. Tiap-tiap bank memiliki kebijakan tersendiri seputaran biaya ini.

Jadi, Anda perlu menyeleksi bank mana yang memiliki produk KPR sesuai dengan kebutuhan dan tentunya tidak memberatkan keuangan. Besaran biaya-biaya tersebut berbeda di setiap bank sehingga calon debitur harus aktif mencari informasi.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.