Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Pilih Ranjang Terbaik pada Hunian Anda, Ini Caranya!

Pilih Ranjang Terbaik pada Hunian Anda, Ini Caranya!

Urbanloka.com – Umumnya sepertiga waktu kehidupan manusia dihabiskan di atas ranjang. Namun bagaimana jika ranjang di kamar Anda sudah menimbulkan problem bagi tubuh Anda? Setiap kali Anda bangun tidur yang Anda rasakan adalah badan terasa kaku dan pegal-pegal. Jika ini yang terjadi, maka sudah saatnya mengganti ranjang Anda. Berikut ini beberapa tips pilih ranjang terbaik Urbaners.

Kapan Saat yang Tepat Mengganti Ranjang?

  • Jika leher terasa kaku dan punggung menjadi nyeri ketika bangun tidur.
  • Jika ranjang sudah tidak empuk dan nyaman serta di beberapa bagian mulai muncul tonjolan.
  • Jika ranjang mulai mengeluarkan suara berderit.
  • Jika rangkanya sudah mulai rusak sehingga tidak rata lagi ataupun mulai goyah.
  • Jika ranjang mulai terasa sempit sehingga Anda dan pasangan sering terbentur.

Jika Anda sering merasa resah di ranjang, lalu sulit mencari posisi yang nyaman saat tidur dan sering merasa pegal dan kaku saat bangun tidur, maka bisa jadi problemnya adalah ranjang Anda. Itu berarti ranjang Anda sudah harus diganti, setidaknya bagian kasur dari ranjang tersebut. Umumnya umur sebuah ranjang sekitar sepuluh tahun. Setelah itu, fungsi dan kenyamanan ranjang akan berkurang. Faktor kelebihan berat badan juga dapat mempercepat kerusakan ranjang.

Jika Anda memutuskan membeli ranjang baru maka Anda juga harus memperhatikan harga dan ukuran ranjang yang tepat. Selain itu, masalah kesehatan juga patut diperhatikan. Ada beberapa orang memiliki masalah dan alergi dengan bahan-bahan tertentu yang merupakan bahan pembuat ranjang dan kasur. Jika Anda dan pasangan berbadan besar, pilihlah ukuran ranjang yang lebih besar. Jika Anda sering berkeringat, pilihlah ranjang yang memiliki daya serap keringat dan kelembapan yang cukup baik.

Di beberapa toko, biasanya Anda diijinkan untuk mencoba ranjang baru tersebut. Beberapa tips berikut ini bisa dilakukan saat akan memilih dan membeli ranjang baru yang baik:

  • Jangan cepat mengambil keputusan mengingat harga sebuah ranjang cukup mahal dan akan digunakan untuk jangka panjang.
  • Pilih waktu saat Anda tidak lelah pada saat akan mencoba ranjang sehingga tidak akan mengaburkan penilaian Anda terhadap sebuah ranjang. Jika Anda dalam kondisi lelah dan mengantuk, maka semua ranjang akan terasa nyaman sehingga penilaian Anda bisa menjadi tidak cocok dengan kebutuhan sebenarnya.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan jangan canggung saat mencoba ranjang tersebut.
  • Cobalah berbaring di setiap ranjang yang menjadi pilihan Anda selama beberapa menit dan rasakan perbedaan kenyamanan setiap ranjang.
  • Anda juga bisa mencoba berbagai posisi tidur dan rasakan baik-baik tingkat kenyamanan terhadap bahu, pinggul dan punggung Anda.

Setelah Anda membeli ranjang baru, tentu Anda menginginkan ranjang tersebut bisa membuat Anda tetap nyaman dalam waktu yang lama. Karena itu beberapa tips berikut bisa Anda lakukan agar ranjang tetap awet dan bertahan lama Urbaners.

  • Baca manual perawatan dari pabrik pembuat ranjang yang disertakan saat Anda membeli ranjang baru.
  • Setelah ranjang tiba di rumah, buka segera pembungkusnya biasanya terbuat dari polietilen. Tujuan membuka pembungkus agar ranjang dan kasur tidak menjadi lembap, berjamur dan lapuk.
  • Setiap dua minggu sekali setelah Anda membeli ranjang yang terbuat dari pegas sebaiknya Anda memutar dan membalik kasur pada ranjang Anda. Tujuannya untuk merapatkan isi kasur dan membuat kasur menjadi rata di setiap bagian. Untuk ranjang yang lebih tua, bisa dilakukan sebulan sekali. Sedangkan jika Anda menggunakan kasur busa seperti lateks, hal ini tidak perlu dilakukan.
  • Jangan biasakan menekuk dan menggulung kasur, khususnya kasur yang terbuat dari busa ataupun berisi kapas. Karena akan merusak bentuk permukaan kasur.
  • Setiap hari buka bed cover selama sekitar 30 menit agar ranjang mendapat sirkulasi udara segar dan kelembapan yang diserap oleh ranjang dapat menguap.
  • Hindari anak-anak yang suka meloncat di atas ranjang karena akan merusak bentuk permukaan kasur.
  • Jangan menggunakan ranjang di sisi yang sama terus menerus karena juga akan merusak bentuk permukaan ranjang. Misalnya Anda sering duduk di salah satu sisi ranjang atau tidur di salah satu sisi ranjang saja.
  • Ranjang memang menjadi bagian yang penting dalam hidup Anda. Sepertiga kehidupan Anda dihabiskan pada ranjang. Karena itu pilihlah ranjang yang baik untuk kenyamanan tidur Anda. Dan dipastikan Anda akan bangun keesokan pagi dengan badan yang segar dan siap beraktivitas.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.