Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Poin-poin Tentang Polis Kebakaran yang Perlu Kamu Ketahui

Poin-poin Tentang Polis Kebakaran yang Perlu Kamu Ketahui

Urbanloka.com – Apa itu Polis asuransi kebakaran? Sebuah perjanjian dalam suatu akta antara nasabah (pihak tertanggung) dengan perusahaan asuransi (penanggung), yang menanggung segala kerusakan serta kerugian atas harta tetap maupun bergerak yang rusak akibat bencana kebakaran baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Berikut beberapa jenis polis kebakaran yang perlu Anda ketahui.

POLIS DASAR ASURANSI KEBAKARAN

Polis asuransi kebakaran menanggung kerugian akibat kebakaran yang disebabkan oleh sambaran petir, api yang muncul tanpa sengaja dari dalam bangunan maupun dari luar bangunan, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, serta kerusakan akibat asap kebakaran. Namun, polis dasar asuransi ini terbagi menjadi dua menurut objek yang ditanggung, yakni:

  • Asuransi kebakaran non-industri. Polis ini menanggung semua kerusakan yang menimpa harta benda non-industri seperti rumah tinggal, baik itu harta bergerak maupun tidak.
  • Asuransi kebakaran industri. Umumnya pertanggungan yang diberikan polis asuransi kebakaran jenis ini dikhususkan untuk harta benda industri yang rusak akibat ledakan fisik, korsleting, kelalaian atau tindakan kurang berhati-hati, kesalahan dalam perancang mesin, perbuatan kriminal, dan benturan keras pada mesin.

POLIS TANPA PEMULIHAN NILAI

Pada polis ini jumlah yang dipertanggungkan berdasarkan pada harga pembelian harta benda, dikurangi penyusutan akibat rusaknya harta benda tersebut.

POLIS DENGAN PEMULIHAN NILAI

Pemegang tipe polis asuransi jenis ini akan mendapat ganti rugi biaya sesuai dengan biaya yang perlu dikeluarkan untuk memulihkan kembali harta benda yang diasuransikan ke lokasi yang sama, dengan tipe harta benda tipe yang sama.

POLIS MENGAMBANG

Polis mengambang tidak memiliki sebuah nilai pertanggungan yang jelas. Tetapi polis ini menanggung barang yang terdapat di beberapa lokasi saja, namun masih satu kota, dengan suatu Limit Uang Pertanggungan.

Itulah berbagai tipe polis asuransi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.