Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Punya Bayi? Jaga Rumah Tetap Rapi dengan Kiat-kiat Ini Urbaners

Punya Bayi? Jaga Rumah Tetap Rapi dengan Kiat-kiat Ini Urbaners

Urbanloka.com – Jika Anda baru saja memiliki anak dan Anda adalah tipe pecinta kebersihan, membenci hal-hal yang berantakan. Maka kini Anda berada dalam masalah besar. Karena tentunya Anda akan memerlukan sejumlah energi untuk memastikan rumah Anda tersendat dengan manusia baru di rumah. Tapi ada strategi untuk menghadapi kekacauan yang diakibatkan bayi pada hunianmu. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

BAGI BEBAN

Jika pasangan Anda mencuci pakaian di pagi hari, mungkin Anda pada bagian mengeringkan dan melipatnya pada malam hari. Jika Anda bertugas membersihkan dapur, mungkin istri Anda bertugas membersihkan kamar tidur atau ruang tamu.

BERSIH-BERSIH KETIKA SI KECIL TIDUR

Anak sedang tidur siang? Manfaatkan waktu ini, untuk membersihkan debu-debu pada rumah, rapikan sudut-sudut yang berantakan rumah, dan berolahragalah juga sejenak.

SIAPKAN SELALU TISU BASAH & TISU KERING

Di setiap ruangan yang sering digunakan untuk merawat bayi siapkan selalu tisu basah, tisu kering, dan lap kering. Gunanya jika ada cipratan air atau noda makanan di lantai, Anda bisa langsung mengelapnya dengan tisu atau lap sehingga noda dapat langsung dihilangkan. Lantai pun jadi tetap bersih meski Anda tidak setiap saat mengepelnya.

LETAKAN TEMPAT SAMPAH DI AREA TERTENTU

Tak perlu meletakkan tempat sampah di semua ruangan, cukup letakkan di ruang tertentu seperti dapur, ruang makan, dan ruang tengah. Lalu, bedakan tempat sampah antara sampah kering (kertas atau tisu) dan sampah basah (misalnya sisa makanan). Buang sampah basah dua kali sehari—tak perlu menunggunya hingga bertumpuk—untuk mencegah munculnya lalat.

JAGA KAMAR BAYI SELALU RAPI & BERSIH

Sebelum bayi menetap di kamar, pastikan kondisi kamar bersih dari debu. Pilih seprai dan ranjang yang aman dan bebas racun, serta bersihkan lantai, jendela, dan seluruh sudut dinding agar bebas debu. Buka jendela kamar untuk melancarkan sirkulasi udara. Gunakan cat dinding warna terang, misalnya putih, biru muda, atau hijau muda agar kamar tetap terang.

Masih banyak lagi yang akan membantu membuat hidup Anda lebih mudah. Berikut contoh kecilnya:

  • Buat jadwal pembersihan harian
  • Vakum rumah, sebelum si kecil tidur siang. Suaranya bisa saja membuat ia tertidur
  • Terimalah bantuan dari keluarga (ayah/ibu/mertua) untuk menjaga si kecil sejenak kapan pun mereka menawarkan

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.