Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Rahasia Uniknya Interior dan Eksterior Rumah Jepang ala Yamashita

Rahasia Uniknya Interior dan Eksterior Rumah Jepang ala Yamashita

Urbanloka.com – Tanah sempit tidak akan menarik bagi banyak orang, namun bagi para arsitek Jepang Yasuhiro Yamashita dari Atelier Tekuto tanah sempit ini adalah hal yang menarik.

Perancang veteran kyosho jutaku atau tiny house di Jepang, Yamashita telah membangun lebih dari 300 rumah, dengan bentuk unik dan ciri khas berbeda.

Di Jepang, ada pepatah (‘tatte hanjo nete ichijo’) bahwa Anda tidak memerlukan lebih dari setengah tikar tatami untuk berdiri dan tikar penuh untuk tidur. Berikut ini beberapa tipsnya membuat rumah mungil terasa lebih lega ala Yamashita. Apa sajakah itu? Check it out!

HILANGKAN KECANGGUNGAN

‘Lucky Drops’, sebuah rumah di pusat kota Tokyo merupakan contoh yang bagus. Tiny house yang dibangun di atas sisa-sisa tanah yang lebih murah karena berbentuk trapesium tidak beraturan. Tips yamashita adalah, kita harus lebih kreatif menyulap keterbatasan menjadi hunian yang nyaman.

MENJULANG KEATAS

Perhatikan volume, Jika memiliki keterbatasan dalam lebar rumah, bangun hunian yang tinggi. Ciptakan lebih banyak ruang. menjulang ke atas sehingga langit hampir menjadi bagian dari rumah tersebut. Atap yang lebih tinggi juga hunian akan terasa lebih luas Urbaners.

MENYATU DENGAN ALAM

“Di Jepang, sekitar 70%nya adalah gunung dan hutan dan 30% lahannya agak datar sehingga lebih cocok untuk tempat tinggal dan lahan pertanian. Karenanya hampir sebagian besar rumah hasil rancangan yamashita menggabungkan bahan alami dan jendela besar untuk membiarkan banyak cahaya matahari masuk Urbaners.

BERPIKIR KREATIF

“Alih-alih mengaplikasikan sudut persegi tradisional, saya sering memotong pinggiran rumah menjadi bentuk segitiga. Hal ini menciptakan lebih banyak area permukaan dan lebih banyak ruang untuk jendela. Selalu ada sudut yang terbuka ke langit. Dengan begitu, saat matahari bergerak, rumah selalu dipenuhi cahaya alami. “

NUANSA MONOKROM

Monokrom akan mmberikan efek visual yang akan membuat ruang terlihat lebih besar. Putih sebagai pilihan warna yang membuat ruangan terlihat lebih besar. Gunakan warna-warna alami, dibanding mengecatnya dengan warna-warna dominan.

BAHAN REFLEKTIF

Menciptakan ilusi optik, saya menggunakan fitur stainless steel yang dipoles. Mereka memantulkan cahaya dan membuat area tampak lebih besar. Saya menggunakan stainless steel di dapur dan di kamar mandi untuk membuat ruangan terasa lebih luas.

RUANG PENYIMPANAN TERSEMBUNYI

“Yamashita ingin semua barang tersimpan baik dan tidak terlihat, ia kemudian membangun banyak tempat penyimpanan tersembunyi di dalam rumah. Jika Anda membiarkan ruangan terbuka lebar dan tidak berantakan, maka sulit bagi orang untuk benar-benar memahami ukuran ruang yang sebenarnya.

PERSONALISASIKAN RUMAH ANDA

“Beberapa faktor mempengaruhi desain saya – kekhasan tanah, cara cahaya menyentuh properti, lingkungan sekitar, dan permintaan pribadi klien. Rumah sangat bersifat pribadi. Klien menginginkan desain yang kuat dan tajam. Dari situlah, saya memilih bahan berdasarkan desain, tergantung dari apa yang terbaik untuk ruangan tersebut.”

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.